Silabus Mata Kuliah
Nama Matakuliah : Pengantar Manajemen
Kode Matakuliah : MAN 201
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : –
Deskripsi Ringkas :
Memberikan pengetahuan dasar manajemen yang mencakup pengertian, unsur, fungsi, aliran dan tokoh manajemen ; serta proses manajemen melalui pendekatan fungsi,sistem,teknik, dan perilaku manajemen ; faktor lingkungan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen.
Koordinator : Dr.Ir.Jono M. Munandar, MSc
Nama Matakuliah : Pengantar Akuntansi
Kode Matakuliah : MAN 211
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : –
Deskripsi Ringkas :
Mengenalkan dan memberi pengetahuan dasar akuntansi;prinsip;teknik-teknik pencacatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan yang berupa neraca; laporan laba rugi dan ekuitas pemilik dalam perusahaan jasa; perusahaan dagang dan manufaktur
Koordinator : Farida Ratna Dewi, SE,MM
Nama Matakuliah : Akuntansi Biaya
Kode Matakuliah : MAN 212
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN 211
Deskripsi Ringkas : Memberikan pengetahuan tentang pengertian dan fungsi biaya; konsep dan klarifikasi biaya; penentuan harga pokok produk; pengendalian biaya dan perilaku biaya baik pada perusahaan yang menghasilkan barang maupun jasa
Koordinator : Farida Ratna Dewi, SE, MM
Nama Matakuliah : Manajemen Keuangan
Kode Matakuliah : MAN 213
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN 201
Deskripsi Ringkas :
Mata kuliah ini mempelajari penggunaan, penyediaan dan pemanfaatan dana-dana perusahaan dan badan-badan lainnya dengan tujuan agar peserta ajar menguasai metode dan teknik analisis serta pengambilan keputuasan manajemen berdampak terhadap kinerja keuangan. Pokok-pokok bahasan meliputi pengertian dan prinsip dasar; sistem dan lingkungan keuangan; resiko; pengembalian dan portofolio; teknik-teknik penilaian uang; sekuritas dan proyek; biaya dan struktur modal; kebijakan dividen; analisis dan perencanaan keuangan; manajemen modal kerja; pendanaan jangka pendek; menengah dan panjang; sekuritas deviratif dan restrukturisasi keuangan
Koordinator : Farida Ratna Dewi, SE, MM
Nama Matakuliah : Manajemen Pemasaran
Kode Matakuliah : MAN 221
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 201
Deskripsi Ringkas :
Membahas proses pengelolaan (manajemen) pemasaran barang dan jasa, serta keterkaitan dengan fungsi lain di dalam perusahaan; perkembangan konsep dan falsafah pemasaran serta latar belakangnya: pembahasan bermula pada marketing mix (bauran pemasaran) sebagai dasar untuk menetapkan strategi pemasaran; pemahaman peran perilaku konsumen; komunikasi pemasaran; strategi bersaing; struktur pasar; serta konsep-konsep pemasaran yang berkembang hingga saat ini.
Koordinator : Dr. Ir. Jono M. Munandar, MSc
Nama Matakuliah : Metode Kuantitatif untuk Manajemen
Kode Matakuliah : MAN 231
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAT 100
Deskripsi Ringkas : Matakuliah ini membahas metode analisa kuantitatif bagi pengambilan keputusan dan pemecahan masalah-masalah manajemen yang mencakup pengertian dan ruang lingkup metode kuantitatif dalam manajemen (Manajemen Sains); perencanaan linear analisis sensitivitas; transportasi, dan penugasan (Assigment); transhipment; goal programming; model-model jaringan kerja (network); antrian, gametheory, pemrograman tali linear, analisis markov, dan simulasi
Koordinator : Dr. Heti Mulyati, STP, MT
Nama Matakuliah : Manajemen Produksi dan Operasi
Kode Matakuliah : MAN 232
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN 231
Deskripsi Ringkas : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai berbagai teori, konsep dan teknik pengelolaan kegiatan produksi dan operasi untuk menghasilkan barang dan jasa yang berdayasaing, yang mencakup pembahasan seperti Manajemen Produksi dan Operasi dalam perusahaan, tipe dan karakteristik sistem produksi, tipe dan karakteristik sistem jasa, peramalan bagi produksi dan operasi, perencanaa investor dan pengawasan perencanaan kebutuhan bahan baku, sistem JIT, jaminan kualitas, penerapan TQM, desain produk/proses dan pilihan teknologi, perencanaan kapasitas, lokasi, dan distribusi serta strategi operasi dan perusahaan.
Koordinator : Dr. Heti Mulyati, STP, MT
Nama Matakuliah : Manajemen Sumberdaya Manusia
Kode Matakuliah : MAN 241
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 201
Deskripsi Ringkas: Memberikan pemahaman tentang teori dan konsep manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan peran strategisnya bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan kinerja dan keunggulan bersaing perusahan, yang mencakup bahasan antara lain: analisis dan perancangan pekerjaan, perencanaan SDM (perekrutan, seleksi, pelatihan), pengembangan karir, penilaian kinerja dan rancangan penggajiannya, audit SDM serta Undang-undang Ketenagakerjaan dan hubungan industrial.
Koordinator : Dr.Ir.Anggraini Sukmawati, MM
Nama Matakuliah : Perilaku Organisasi
Kode Matakuliah : MAN 242
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 241
Deskripsi Ringkas : Memberikan gambaran mengenai perilaku manusia dalam organisasi, baik sebagai individu sebagai kelompok, atau dalam kesatuan yang lebih besar; faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi dengan masalah pengendalian sumberdaya manusia (job redesign dan enrichment, power dan control, motivasi, kepemimpinan, nilai (value) dan budaya ); serta hubungan perilaku dalam organiosasi dengan perubahan (group influence, group norms dan group complience maupun intergroup relations dan konflik)
Koordinator : Dra.Siti Rahmawati, MPd
Nama Matakuliah : Komunikasi Profesional
Kode Matakuliah : MAN 303
SKS : 2(2-0)
Prasyarat : –
Deskripsi Ringkas : Matakuliah ini membahas mengenai konsep komunikasi dalam pergaulan dan pekerjaan/bisnis meliputi komunikasi inter dan intra personal, teknik presentasi, teknik pemecahan masalah, negoisasi, public relation dan publik speaking, serta multimedia sebagai fasilitas berkomunikasi secara profesional
Koordinator : Prof,Dr.Ir.H.Musa Hubeis, MS,Dipl,Ing,DEA
Nama Matakuliah : Akuntansi Manajemen
Kode Matakuliah : MAN 314
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN 213
Deskripsi Ringkas : Mata kuliah ini membahas lebih lanjut pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode akuntansi keuangan dalam wadah untuk pengambilan berbagai keputusan manajemen; peranan akuntansi dalam organissai; hubungan biaya; volume usaha dan keuntungan ; penyusunan anggaran dan akuntansi pertanggung jawaban
Tim Pengajar : Dr.Ir.Abdul Kohar Irwanto. MSc
Nama Matakuliah : Manajemen Lembaga Keuangan
Kode Matakuliah : MAN 315
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 213
Deskripsi Ringkas : Memberikan pemahaman komprehensif dan praktis perbankan tentang pengelolaan sumber dana dan alokasi dana sebagai perantara keuangan (finacial intermediaries);pemahaman produk dana dan jasa; valuta asing dan kredit dikaitkan dengan pembahasan tingkat resiko yang terjadi didalamnya dan pemahaman tingkat kesehatan bank.
Tim Pengajar : Dr.Ir.Abdul Kohar Irwanto. MSc
Nama Matakuliah : Manajemen Risiko
Kode Matakuliah : MAN 316
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN 213
Deskripsi Ringkas : Mata kuliah ini membahas secara umum resiko bisnis yang dihadapi perusahaan, yaitu identifikasi dan metode pengukuran risiko; properti; kewajiban dan sumberdaya manusia terhadap risiko dan manajemen; organisasi; pengambilan keputusan ; serta menangani krisis dalam perusahaan secara komprehensif
Tim Pengajar : Dr.Ir.Abdul Kohar Irwanto. MSc
Nama Matakuliah : Riset Pemasaran
Kode Matakuliah : MAN 322
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN 221
Deskripsi Ringkas : Membahas seluk beluk penelitian sebagai peralatan dalam pengelolaan fungsi pemasaran; desain riset; metode pengumpulan data; analisis dan presentasi hasil riset.
Tim Pengajar : Dr. Ir. Mamun Sarma,MS,MEc
Nama Matakuliah : Pemasaran Internasional
Kode Matakuliah : MAN 323
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 221
Deskripsi Ringkas : Pemasaran Internasional merupakan aplikasi prinsip manajemen pemasaran di pasar internasional yang mempunyai lingkungan, lembaga, politik, dan ekonomi yang berbeda. Perbedaan dalam lingkungan ini memerlukan adanya penyesuaian dalam penggunaan teknologi/pemasaran. Matakuliah ini juga membahas strategi pemasaran internasional dan strategi memasuki pasar global, serta tahap-tahap strategi pemasaran eksport dari berbagai industri baru.
Tim Pengajar : Dr. Ir. Mamun Sarma,MS,Mec
Nama Matakuliah : Manajemen Mutu
Kode Matakuliah : MAN 433
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 232 dan MAN 241
Deskripsi Ringkas : Matakuliah ini membahas konsep dan sistem mutu; cara penentuan mutu; penerapan teknik manajemen mutu dan sistem manajemen mutu; proses produksi dan penyimpanan yang dihasilkan, perencanaan, penanganan dan pengendalian produk dan turunannya.
Tim Pengajar : Prof.Dr. Ir.H. Musa Hubeis,MS,Dipl,Ing,DEA
Nama Matakuliah : Teknik Pengambilan Keputusan
Kode Matakuliah : MAN 334
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAT 100
Deskripsi Ringkas : Mata kuliah ini memberikan pengertian tentang berpikir sistematis dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan; analisis persoalan; analisis keputusan dan analisis persoalan potensial pada berbagai kondisi yang mengandung risiko tertentu.
Tim Pengajar : Ir. Pramono D Fewidarto,MS
Nama Matakuliah : Sistem Informasi Manajemen
Kode Matakuliah : MAN 335
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN213, MAN221, MAN232, MAN 241
Deskripsi Ringkas : Mata kuliah ini membahas peranan SIM seperti mengelola informasi, pendekatan sistem dalam pemecahan masalah (analisis, perancangan, implementasi, dan penggunaan), sistem pengolahan data, sistem informasi berbasis komputer dan aplikasinya menurut fungsi-fungsi perusahaan. Sistem informasi fungsional meliputi marketing informastion system, manufacturing information system, dan human resource information systems.
Tim Pengajar : Dr.Ir. Muhamad Syamsun, MSc
Nama Matakuliah : Manajemen Proyek
Kode Matakuliah : MAN 336
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 232
Deskripsi Ringkas : Membahas Filosofi dan konsep mengenai manajemen proyek; siklus pengembangan system perilaku organisasi, system dan prosedur pelaksanaan proyek bisnis serta penilaian keberhasilan pembangunan proyek.
Koordinator : Prof.Dr.Ir.H.Musa Hubeis.MS,Dipl,Ing,DEA
Nama Matakuliah : Manajemen Strategik
Kode Matakuliah : MAN 406
SKS : 3(3 – 0)
Prasyarat : MAN 213, MAN 221, MAN 232, MAN 241
Deskripsi Ringkas : Membahas arah dasar perusahaan; faktor internal dan eksternal; perumusan, implementasi dan evaluasi strategi; globalisasi dan topik-topik khusus dalam pengelolaan perusahaan.
Koordinator : Ir. Mimin Aminah,MM
Nama Matakuliah : Manajemen Kinerja SDM
Kode Matakuliah : MAN 343
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 241
Deskripsi Ringkas : Memberikan pemahaman konsep, prinsip-prinsip dan teori manajemen kinerja serta contoh aplikasinya pada organisasi. Manajemen kinerja diadakan untuk memahami upaya peningkatan kinerja organisasi melalui aspek-aspek sumber daya manusia (`human aspects`) yang mencakup pemahaman konsep sistem kerja, pengukuran, proses, dan evaluasi kinerja; dengan fokus utama adalah peningkatan produktivitas dan analisis kinerja individu yang berdampak pada visi, misi dan tujuan organisasi strategis. Peningkatan kinerja organisasi merupakan tuntutan baik eksternal maupun internal, guna mempertahankan organisasi, meningkatkan daya saing dan mencapai tujuan organisasi melalui optimalisasi sumber daya manusia. Segala aspek yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja organisasi akan menjadi fokus utama pada semua aktivitas organisasi utamanya mencakup komitmen terhadap perbaikan kinerja, perencanaan aktivitas dan proses serta evaluasi berdasaran sistem-prinsip kinerja organisasi yang telah disosialisasikan.
Koordinator : Erlin Trisyulianti,STP, MSi
Nama Matakuliah : Etika Korporasi
Kode Matakuliah : MAN 402
SKS : 3(3-0)
Prasyarat :
Deskripsi Ringkas : Membahas mengenai perilaku dan sikap normatif yang seharusnya dilakukan dalam berbisnis tata cara pergaulan dalam bisnis yang dijadikan sebagai nilai dan norma, serta pemahaman Good Corporate Governance, HKI, dan masalah sertifikat halal.
Koordinator : Prof.Dr.Ir.H.Musa Hubeis.MS,Dipl,Ing,DEA
Nama Matakuliah : Manajemen Kompensasi
Kode Matakuliah : MAN 345
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 241
Deskripsi Ringka : Memberikan pemahaman tentang konsep, prinsip-prinsip manajemen kompensasi, dan mampu mengaplikasikan serta mengintegrasikan kebijakan-kebijakan kompensasi dengan manajemen kinerja dan strategi organisasi. Topik-topik bahasan mata kuliah ini meliputi: perancangan sistem insentif yang adil, jenis-jenis kompensasi finansial dan non finansial, hak cuti, teknik penghitungan lembur dan teknik penghitungan pesangon akibat pemutusan hubungan kerja.
Koordinator : Dr.Ir. Anggraini Sukmawati,MM
Nama Matakuliah : Manajemen Rantai Pasokan
Kode Matakuliah : MAN 337
SKS : 2(2-0)
Prasyarat : MAN 231, MAN 232
Deskripsi Ringka : Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai teori, konsep serta praktek manajemen rantai pasokan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan dan rantai pasokan secara keseluruhan. Pembahasannya mencakup pengenalan manajemen rantai pasokan; strategi dan kebijakan rantai pasokan, fungsi-fungsi operasional rantai pasokan yang menyangkut perencanaan, manajemen pengadaan dan persediaan, dan manajemen transportasi dan distribusi; serta penggunaan sistem informasi dalam rantai pasokan..
Koordinator : Dr. Heti Mulyati, STP, MT
Nama Matakuliah : Pemasaran Jasa
Kode Matakuliah : MAN 425
SKS : 2(2-0)
Prasyarat : MAN 231, MAN 232
Deskripsi Ringka : Memberikan pengetahuan tentang karakteristik dan klasifikasi bisnis (sektor) jasa, perkembangan konsep pemasaran jasa, serta model pengelolaan pemasaran yang baik, disamping piranti (tools) yang sering digunakan untuk merencanakan, mendesain dan mengorganisasikan aktivitas pemasaran jasa, audit dan evaluasi kegiatan jasa secara cepat.
Koordinator : Dr.Ir.Jono M. Munandar, M.Sc
Nama Matakuliah : Manajemen Pengetahuan
Kode Matakuliah : MAN 404
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 242
Deskripsi Ringkas: Memberikan pemahaman tentang teori dan konsep Manajemen Pengetahuan (MP) dan peran strategisnya bagi perusahaan untuk mengembangkan perilaku inovatif dalam rangka membangun keunggulan bersaing. Pengelompokan materi mencakup bahasan tentang proses penciptaan pengetahuan dan faktor-faktor pendukungnya, aset pengetahuan dan kesenjangan pengetahuan perusahaan, gaya manajemen dan karyawan berpengetahuan (Knowledge worker), audit MP dan strategi penerapan MP serta organisasi pembelajar sebagai konteks penerapan MP disertasi contoh perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah mengimplementasikan MP.
Koordinator : Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, MM
Nama Matakuliah : Perencanaan dan Evaluasi Usaha
Kode Matakuliah : MAN 305
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : –
Deskripsi Ringkas : Mempelajari penetapan fundamental usaha (Visi dan Misi, Tujuan, dan Kebijakan Usaha), Penyusunan Rencana Usaha (Rencana Produksi : proses dan standar-standar kerja ; rencana pengelolaan sumber daya potensial : SDM, Keuangan, Jejaring, dll ; rencana pemasaran : produk dan jasa ; tahapan dan rencana implementasi usaha) serta evaluasi usaha (produk dan usaha, aspek pasar dan pemasaran, aspek produksi dan operasional, aspek organisasi dan manajemen, perkiraan dampak sosial-ekonomi dan dan lingkungan fisik, aspek finansial dan risiko usaha
Koordinator : Ir. Pramono D. Fewidarto, MS
Nama Matakuliah : Perilaku Pelanggan
Kode Matakuliah : MAN 424
SKS : 3(3-0)
Prasyarat : MAN 221
Deskripsi Ringkas : Matakuliah ini membahas berbagai pendekatan mengenai perilaku konsumen; pembelian dan konsumen; keputusan membeli dalam keluarga; hubungan konsumen dengan jenis barang mempengaruhi pilihan konsumen;persepsi konsumen dan pengaruh iklan; segmentasi pasar dan konsumsi pangan, anak-anak sebagai konsumen; kelas social dan perilaku konsumsi dan hubungan konsumen dengan jenis barang.
Koordinator : Dr.Ir, Ma’mun sarma,MS,MEc
Nama Matakuliah : Metode Penelitian Manajemen
Kode Matakuliah : MAN 391
SKS : 3(2-3)
Prasyarat : MAN 213, MAN 221, MAN 232, MAN 241
Deskripsi Ringkas : Mata kuliah ini memberikan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam memahami, merancang dan merencanakan, dan menuliskan rencana penelitian ilmiah di bidang manajemen, yang meliputi proses penelitian, penelusuran pustaka, perumusan masalah, pendalaman konsep, perumusan hipotesis, perancangan penelitian, penarikan contoh (sampling), proses dan instrument pengumpulan data, studi kasus, studi partisipatif, penulisan rencana penelitian, pengolahan dan analisis data, pengambilan keputusan dan penulisan laporan serta penyajiannya.
Koordinator : Tim Dosen Tugas Akhir
Nama Matakuliah : Seminar
Kode Matakuliah : MAN 492
SKS : 1(1-0)
Prasyarat :
Deskripsi Ringkas : Meningkatkan kemampuan analisis yang berkaitan dengan bidang keilmuan, pengintegrasian ilmu dan pengalaman yang diekspresikan dalam bentuk tulisan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan, baik melalui kegiatan penelitian, magang dan kombinasinya, serta kegiatan sejenis yang setara dengan penelitian ataupun magang.
Koordinator : Dosen Pembimbing
Nama Matakuliah : Skripsi
Kode Matakuliah : MAN 493
SKS : 6
Prasyarat :
Deskripsi Ringkas : Meningkatkan kemampuan analisis yang berkaitan dengan bidang keilmuan, pengintegrasian ilmu dan pengalaman yang diekspresikan dalam bentuk tulisan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan, baik melalui kegiatan penelitian, magang dan kombinasinya, serta kegiatan sejenis yang setara dengan penelitian ataupun magang.
canadian pharcharmy online
What a data of un-ambiguity and preserveness of valuable know-how regarding unexpected emotions.
RobertAsymn
Search Engine Optimization can be a very Substantial electronic digital strategy, turning out ongoing returns to businesses. Unlike Performance based compensation channels that need daily advertising spend, search engine optimization only needs a onetime expenditure to obtain gains. One of the keys is comprehending and making the most of its various distinctive positive aspects: improved website traffic, sales commissions thrive, and brand trust improvement are only a couple.
Men rely on the search engines for various purposes, incorporating looking for services and products on the web, acquiring a street address, looking into educational solutions, and a whole lot more. By using the services of specialized SEO service providers, businesses and websites can appear noticeably towards the top of these search results, attracting potential prospects straight to them, strengthening revenues promptly and generating positive returns on expenses that promote business success and expansion.
Web sites and companies that rank well on search engines are generally perceived as business leaders, which boosts their sensed authenticity and broadens virtual real estate on SERPs pages, and visibility of their brand.
Search Engine Optimization isn’t about drawing more visitors to a site; rather, it focuses on gaining visitors who’re really enthusiastic about what’s on offer and as their needs match with those given by the site. These kinds of users are more than likely to become clientele
, improving its Return On Investment for the property owner.
Contrasting old-fashioned advertisements ways which provide fleeting gains, skillful search engine optimization sets you up for enduring success, which can last a long time and even many years following the first expense. It also helps in constructing reputation amidst your audience, making them likely to become devoted clients.
An additional significant advantage of SEO is the fact that it doesn’t cost a lot to make usage of or preserve , that can easily be specially helpful for small business owners who may not have the time or assets open to devote to such a big venture.
[url=https://scottsdale-seocompany.com/]Enterprise eCommerce system emphasis[/url]
EdwinMuh
keyword combinations that attract visitors whom are clear about what they desire and are ready to purchase your wares or services. This is especially useful for online stores, companies in the B2B domain, and service-offering enterprises.
EdwinMuh
entirely, your opponents might snatch an improvement in search listings by surfacing earliest and captivating expected patrons from your grasp.