Departemen Manajemen

KISS Series VIII : Tingkatkan Kemampuan Analisis Data Menggunakan ISM

KISS Series VIII : Tingkatkan Kemampuan Analisis Data Menggunakan ISM – Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) berkolaborasi dengan Himpunan Profesi Centre of Management (COM@) telah menyelenggarakan kegiatan Knowledge & Information Sharing Session (KISS) Series VIII dengan tema “Pengolahan Data Menggunakan ISM (Interpretive Structural Modelling)” pada Selasa, 4 Juni 2024. KISS merupakan kegiatan yang secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan terkini bagi mahasiswa Departemen Manajemen terkait persiapan menghadapi skripsi dan tugas-tugas akhir, terutama pada penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai dengan ketentuan PPKI IPB dan penggunaan software untuk pengelolaan, pengolahan, & analisis data.

Pelatihan KISS Series VIII dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara online melalui Zoom Meeting dan secara offline di RK. FEM 3.00 Gedung Baru FEM lantai 3. Acara berjalan selama 90 menit dari pukul 10.00-11.30 WIB dan diikuti oleh 20 peserta. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, yaitu Eunike Bintang Kasih Irawan selaku mahasiswa Departemen Manajemen. Kemudian dilanjutkan dengan memaparkan biografi singkat narasumber, yaitu Ibu Nisa Zahra, S.T.P., M.Si. selaku dosen Departemen Manajemen.

ISM merupakan salah satu teknik pemodelan kebijakan strategis, dan sebagai misal perumusan kelembagaan. Metodologi kelompok digunakan untuk merumuskan struktur melalui analisis elemen sistem kompleks. Elemen-elemen yang terdapat pada ISM dapat merupakan tujuan kebijakan, target organisasi, faktor faktor penilaian, dan sebagainya. “Metodologi dan teknik ISM dibagi menjadi dua bagian, yaitu klasifikasi sub-elemen dan penyusunan hierarki. Prinsip dasar dari ISM adalah identifikasi dari struktur didalam suatu sistem yang memberikan nilai manfaat yang tinggi guna meramu sistem secara efektif dan untuk pengambilan keputusan yang baik”, ungkap ibu Nisa Zahra.

Setelah memperkenalkan dan menjelaskan materi tentang Pengolahan Data Menggunakan ISM, kemudian dilakukan praktik langsung dalam pengolahan data Banyak mahasiswa yang berpartisipasi pada sesi tanya jawab menunjukkan antusiasme mahasiswa yang besar terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber. Mahasiswa bertanya terkait bagaimana pengolahan data menggunakan ISM ini dimanfaatkan pada perusahaan ataupun organisasi dan apakah metode ini dapat mempengaruhi metode kerja suatu organisasi atau perusahaan

July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Translate »