Departemen Manajemen

Dosen Mengabdi : Pelatihan Design Model Bisnis Berbasis Ekonomi Sirkular Desa Cibadak

Dosen Departemen Manajemen Memberikan Pelatihan Design Model Bisnis Berbasis  Ekonomi Sirkular Sampah Bagi Karang Taruna Desa Cibadak

Bogor, 29 Juni 2024. Dosen Departemen Manajemen, Fakultas Eknomi dan Manajemen (FEM) IPB University bekerjasama dengan PT. Bumi Tanpa Sampah Sukabumi dan aktivis lingkungan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Dosen Mengabdi Tahun 2024 dengan tema pengembangan sirkular ekonomi sampah.

Salah satu kegiatan program tersebut yakni edukasi dan pelatihan masyarakat yang diadakan di RW.06 Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor terkait pelatihan Desgn Model Bisnis Bagi Karang Tarunda dan masyarakat desa Cibadak, Ciampea, dengan pemanfaatan dan pengolahan sampah  . Kegiatan diikuti oleh Karang Taruna dan sejumlah masyarakat RW.06 Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, kurang lebih sebanyak 25 orang pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Kegiatan dimulai dengan penyuluhan tentang pengelolaan  sampah rumah tangga yang disampaikan oleh Ir. Gelar Satya Budhi, M.Sc alumni IPB University, selaku konsultan dan aktivis lingkungan. Penyuluhan ini memberikan pengetahuan mendalam mengenai sampah serta pengelolaan dan pemanfaatannya. Beliau juga memberikan edukasi dan pelatihan pemanfaatan sampah anorganik dan organik dengan budidaya maggot atau belatung yang dibina oleh Ramdhan Chandra Iswahyudi, founder PT. Bumi Tanpa Sampah Sukabumi. Masyarakat diberikan panduan lengkap terkait pemanfaatan sampah organik dan pembudidayaan maggot serta peluang bisnisnya. “Selain bermanfaat untuk lingkungan, budidaya maggot juga memberikan peluang ekonomi kreatif bagi masyarakat setempat.” Ujar Chandra.

Kegiatan diakhiri dengan edukasi dan pelatihan masyarakat terkait pembuatan model bisnis usaha oleh Dr. Ir. Mimin Aminah, MM, Dosen Departemen Manajemen. Materi  ini bertujuan agar masyarakat paham bagaimana menjalankan bisnis supaya dapat berkembang, khususnya untuk budidaya maggot ini. Masyarakat diedukasi untuk memilah dan memanfaatkan sampah organik sebagai media pakan untuk budidaya maggot agar hasilnya diharapkan dapat mendukung perkonomian masyarakat. Selain Dr. Mimin Aminah, hadir juga dosen Departeman Manajemen lainnya yaitu Eka Dasra Viana, SE.Ak,M.Acc dan Rindang Matoati, SE, MC membantu melakukan pendampingan selama kegiatan pelatihan.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Ir. Mimin Aminah, M.M. mengatakan, proses pengelolaan dan pemanfaatan sampah dimulai dari kesadaran dan kemauan masyarakat itu sendiri terkait kepeduliaannya soal lingkungan, bahkan sampah pun bisa menjadi barang bernilai ekonomi apabila dimanfaatkan dengan benar.

“Aksi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dimulai dari kesadaran masyarakat yang perlu ditingkatkan agar dapat memilah sampah, hal ini sekaligus bisa menjadi peluang bisnis dengan menjadikan sampah tersebut menjadi barang yang bisa bernilai ekonomi untuk meningkatkan sirkulasi ekonomi masyarakat setempat.” Ujar Dr. Ir. Mimin

Hasani, peserta sekaligus Pembina Karang Taruna RW.06 Desa Cibadak menyampaikan, “Kegiatan ini sangat membantu kami. Selain mendapatkan pengetahuan baru tentang sampah, kami juga belajar untuk memanfaatkannya agar bisa dijual” ungkap Hasani. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dilanjutkan cek lokasi ke lapangan untuk persiapan budidaya magot. (EDV/NH)

July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Translate »