Departemen Manajemen

Berbagi Ilmu tentang Membentuk, Menghubungkan, dan Meraih Kesuksesan Strategi Bisnis”

“Dr. Eko Ruddy Cahyadi Berbagi Ilmu tentang Membentuk, Menghubungkan, dan Meraih Kesuksesan Strategi Bisnis”

Bogor, 30 April 2024. Dr. Eko Ruddy Cahyadi S.Hut, M.M., seorang dosen dan peneliti di Departemen Manajemen FEM IPB University berkesempatan menjadi narasumber pada program Gramedia Learning & Insights yang merupakan kerjasama antara Kompas Gramedia (KG) dengan Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif (LKPE) IPB. Dr. Eko merupakan Koordinator Divisi Manajemen Produksi dan Operasi dengan keahlian di bidang Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Produksi Operasi, Pemodelan Simulasi, Evaluasi Dampak, dan Pengembangan UMKM. Beliau juga telah menghasilkan banyak publikasi, termasuk artikel berjudul “Apakah pertanian kontrak dalam industri minyak kelapa sawit Indonesia pro-miskin?” yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekonomi Asia Tenggara pada tahun 2013. Dr. Eko memperoleh gelar Doktor dari Universitas Hannover, Jerman.

Pada sesi ini Dr Eko menyampaikan materi “Agile Strategic Blueprint: Crafting, Connecting, and Capturing Business Success” atau Membentuk, Menghubungkan, dan Meraih Kesuksesan Strategi Bisnis. Acara dilaksanakan pada tanggal 30 April 2024, pukul 09.00-12.00 WIB.

Dalam sesi ini, peserta mendalami berbagai topik penting yang esensial dalam manajemen strategis. Pertama, mereka mempelajari komponen manajemen strategis, yang mencakup elemen-elemen dasar yang menjadi landasan pengambilan keputusan strategis di dalam organisasi. Selanjutnya, perhatian beralih pada analisis strategis internal dan eksternal, di mana peserta belajar mengevaluasi kekuatan dan kelemahan organisasi serta mengidentifikasi peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. “Analisis strategis internal dan eksternal merupakan  langkah krusial untuk memahami konteks di mana strategi perlu dirumuskan dan diimplementasikan,” terang Dr Eko.

Pentingnya formulasi dan implementasi strategi juga menjadi titik fokus utama, di mana peserta diberikan pengetahuan mengenai cara merancang strategi yang efektif serta mekanisme untuk memastikan pelaksanaannya berjalan sesuai rencana. Salah satu aspek kunci dalam sesi ini adalah bagaimana menghubungkan strategi dengan rencana bisnis. Peserta mengeksplorasi cara menyelaraskan strategi dengan tujuan jangka panjang perusahaan, memastikan setiap langkah yang diambil mendukung visi dan misi organisasi.

Selain itu, aspek proposisi nilai dibahas secara mendalam, di mana peserta memahami pentingnya menciptakan nilai bagi pelanggan dan kontribusinya terhadap keberhasilan bisnis secara keseluruhan. Untuk mempermudah pemahaman, pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Business Value Canvas (BVC) digunakan sebagai alat praktis. Dengan memanfaatkan kedua kerangka kerja ini, peserta mampu merancang model bisnis yang komprehensif, mencakup semua komponen yang telah dibahas, mulai dari analisis hingga implementasi strategi, serta bagaimana semuanya terintegrasi dalam rencana bisnis yang solid.

Selain menikmati pemaparan materi di dalam kelas, peserta juga mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran yang meliputi sesi tanya jawab, sesi praktik di breakout room, dan presentasi hasil diskusi kelompok. Pengalaman interaktif ini diharapkan dapat membekali peserta dengan keterampilan strategis yang diperlukan untuk mengatasi tantangan bisnis di masa depan dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi Kompas Gramedia. (LK/NH).

# Berbagi Ilmu tentang Membentuk, Menghubungkan, dan Meraih Kesuksesan Strategi Bisnis”

July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Translate »