Dosen Departemen Manajemen Berbagi Ilmu Mengenai Strategi Pengelolaan Stakeholder yang Efektif
Dosen Departemen Manajemen Berbagi Ilmu Mengenai Strategi Pengelolaan Stakeholder yang Efektif
Bogor, 28 Juni 2024 – Dosen Departemen Manajemen FEM IPB University Dr. Indra Refipal Sembiring, S.E., M.M berbagi ilmu mengenai strategi pengelolaan stakeholder yang efektif dalam kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia Learning & Insights (Kognisi) bekerjasama dengan Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif (LPKE) IPB bertajuk “Enlightened Leaders KG” yang berlangsung dari 7 Februari hingga 30 Agustus 2024. Program ini bertujuan untuk meningkatkan derajat dampak dan kolaborasi para leaders di Kompas Gramedia.
Enlightened Leaders KG mengintegrasikan model pembelajaran 10-20-70. Sebanyak 10% dari waktu program disediakan untuk sesi kelas, di mana peserta mendapatkan wawasan dari pemimpin bisnis di KG, praktisi eksternal, serta seminar. Selanjutnya, 20% waktu dialokasikan untuk sesi mentoring dengan pemimpin dan praktisi dari KG dan eksternal. Sesi utama mencakup 70% waktu program, fokus pada pengembangan melalui proyek langsung, termasuk riset, identifikasi masalah bisnis, perumusan solusi, dan eksperimen untuk nilai tambah bagi unit mereka dan unit sinerginya.
Dr. Indra Refipal Sembiring, S.E., M.M. adalah seorang Manajer Proyek berpengalaman dalam industri pertanian, expert dalam bidang strategi, manajemen proyek, pemasaran, perencanaan bisnis, penjualan, pemasaran, negosiasi, dan jaringan. Pengalaman Dr. Indra Refipal Sembiring meliputi peran penting di perusahaan-perusahaan terkemuka seperti PT HM Sampoerna Tbk, PT BASF Indonesia, serta sebagai Marketing Executive di Monsanto. Sebelumnya, ia juga berkontribusi sebagai Project Assistant di The ASEAN Secretariat, di bawah ASEAN-Australia Development Cooperation Program (AADCP) REPSF, yang merupakan mitra pengelola MDI-International Australia, fokus pada penelitian ekonomi Regional ASEAN dan sektor terkait.
Dalam sesi ini, Dr. Indra Refipal Sembiring, S.E., M.M. menyampaikan beberapa poin penting terkait pemetaan stakeholders. Dr Indra menyampaikan “ Ada 4 poin penting yang perlu diperhatikan untuk memetakan stakeholder”. “Pemetaan yang baik akan membantu pengelolaan stakeholder yang efektif sebagai strategi optimalisasi keberhasilan bisnis”, sambungnya.
Dr. Indra menyampaikan kelima poin tersebut adalah 1] The Organization’s Environment, 2] . Strategic Perspective of Stakeholders, 3] Stakeholder Relationship Management, dan 4] Critical Stakeholder for Success. Poin penting pertama dalam melakukan pemetaan stakeholders, yaitu mengenali lingkungan organisasi seorang manajer dalam beroperasi di organisasi. Lingkungan organisasi tersebut terbagi atas Internal Stakeholders dan External Stakeholders. Internal Stakeholders adalah pihak-pihak yang berada di dalam organisasi. Sedangkan External Stakeholders adalah pihak-pihak di luar organisasi yang memiliki kepentingan atau dampak terhadap organisasi.
Poin kedua Strategic Perspective of Stakeholders. Stakeholders dari sudut pandang strategis merujuk pada cara organisasi memandang dan berinteraksi dengan berbagai pihak yang memiliki kepentingan dalam keberhasilan dan kelangsungan operasionalnya. Ini melibatkan pengidentifikasian, penilaian, dan pengelolaan stakeholders secara sistematis untuk mencapai tujuan strategis organisasi. Peserta diperkenalkan dengan Internal Analysis dan External Analysis dalam mengoptimalkan pemetaan stakeholders.
Poin ketiga Stakeholder Relationship Management, Dr. Indra menjelaskan pendekatan sistematis untuk mengelola interaksi dan hubungan antara organisasi dengan berbagai pihak yang memiliki kepentingan (stakeholders) dalam kesuksesan dan kelangsungan operasionalnya. SRM bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat, saling menguntungkan, dan berkelanjutan dengan stakeholders untuk mencapai tujuan strategis organisasi.
Poin keempat Critical Stakeholder for Success. Pemetaan stakeholders dalam mencapai kesuksesan bisnis sangat penting untuk dilakukan. Beberapa tahapan yang penting untuk dilakukan dimulai dari mengenali tujuan utama dari proyek atau bisnis yang akan dijalankan. Lalu mengidentifikasi pihak-pihak yang penting dan memiliki dampak terhadap keberhasilan proyek atau bisnis. Hingga memetakan hubungan dari setiap pihak dengan proyek atau bisnis serta mengidentifikasi value yang menjadi poin hubungan dengan pihak tersebut.
Sesi yang dipimpin oleh Dr. Indra berlangsung secara interaktif, di mana para peserta aktif terlibat dalam diskusi. Dr. Indra mengajak peserta untuk berpikir kritis dengan melakukan sesi praktek secara berkelompok untuk memetakan stakeholders sesuai dengan proyek sinergi yang sedang dikerjakan. Sesi ini diakhiri dengan pengerjaan post-test untuk mengukur pengetahuan peserta setelah adanya pemaparan materi. (LK/NH).