GUEST LECTURER SERIES 2019 – PT Beiersdorf Indonesia

474

GUEST LECTURER SERIES 2019

26 November 2019

Bogor, 26 November 2019 – Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen bekerja sama dengan Himpunan Profersi Centre of Management telah menyelenggarakan Guest Lecturer Series pada Selasa, 26 November 2019 di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kampus IPB Dramga Bogor. Acara ini dihadiri oleh Fajar Dharmawangsa selaku Head shopper and Customer Marketing PT Beiersdorf Indonesia, serta Lindawati Kartika, S.E,M.Si, M. Syaefudin Andriyanto, STP.MSi, Stevia Septiani, S.E., M.Si  dan Ali Mustasowifin, S.E sebagai perwakilan dosen departemen manajemen.

Guest Lecturer Series kali ini mengangkat tema “Strategic Management“ dan topik pada Guest Lecturer kali ini adalah “Membangun Strategi Bisinis dan Skillset yang Efektif Bagi Industi 4.0”. Acara dibuka oleh Master of Ceremony yakni Shavia Pramudani dan Fedro Agusti Constatin. Dilanjutkan dengan sambutan oleh M. Syaefudin Andriyanto, STP.M.Si, sebagai perwakilan departemen. Pada Guest Lecturer kali ini dimoderatori oleh Lindawati Kartika, S.E,M.Si. Acara selanjutnya yakni penyampaian materi oleh Fajar Dharmawangsa selaku Head shopper and Customer Marketing PT Beiersdorf Indonesia. Dalam sesi penyampaian materi kali ini Fajar Dharmawangsa membahas mengenai industri 4.0 yang memudahkan para user untuk melakukan aktivitasnya. Beiesdorf, sebagai fast moving cumsomers good company telah beralih ke industri 4.0 contohnya, dengan menggunakan skype for businesss sehingga bisa dengan mudah untuk memperoleh informasi dengan cepat dan langsung. Namun, akan banyak profesi yang akan tergantikan dengan karena perkembangan teknologi yang kian maju. Untuk menghindari hal tersebut PT Beiersdorf Indonesia mengembangkan nilai tambah (added value) ke perusahaan sebagai berikut:

  1. FMCG Business model
  • PT Beiersdorf Indonesia memproduksi barang di pabrik hingga proses distribusi ke berbagai channel yang ada misalnya distributor, retailer, e-commerce, supermarket, minimarket hingga ke pembeli. Setiap bulan diadakan sales and operation meeting untuk menargetkan penjualan kesetiap channel.
  1. Business Plan Process

Informasi ditangkap dari pasar global ke dalam pasar lokal untuk mengetahui penjualan setiap produk perusahaan sehingga bisa menentukan masing-masing produk bisa dipasarkan melalui kanal mana saja dengan mengetahui target pembeli. Adapun strategi-strategi yang digunakan category strategy, channel strategy, budget, target, and initiative

  1. FMCG Business Cycle
  2. Pada business cycle terdapat beberapa komponen diantaranya menentukan strategy key activities, selanjutnya membuat calender, sales brief, excecution, monitoring, and evaluation.
  3. Business 4.0
  • Untuk business 4.0 semua terintegrasi secara digital. Apapun aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan secara global hingga ke detailnya dipantau secara online baik dengan menggunakan aplikasi handphone maupun website. Beberapa contoh aplikasi diantaranya: Bima Sakti untuk melacak lokasi dan tanggal, BATS untuk kategori keuangan, BFAST untuk mengecek kehadiran karyawan.

Fajar Dharmawangsa menegaskan bahwa nilai inti dari PT Beiersdorf Indonesia adalah care, simplicity, courage, trust dimana Care terdiri dari fokus pelanggan dan kepedulian terhadap tim. Simplicity terdiri dari perjuangan untuk menjaditercepat dan pragmatisme, isu struktur dan komunikasi, jelas dan logis. Courage terdiri dari inisiatif dan dapat melihat kesempatan. Trust terdiri dari bertindak tegas.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat, sertifikat, dan souvenir oleh Ali Mustasowifin,S.E sebagai perwakilan dosen Departemen Manajemen kepada pembicara yakni Fajar Dharmawangsa selaku Head shopper and Customer Marketing PT Beiersdorf Indonesia, serta penyerahan sertifikat kepada moderator yakni Lindawati Kartika S.E., M.Si kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. Rangkaian acara ditutup oleh Master of Ceremony pada pukul 10.20 WIB. Guest Lecturer Series