Departemen Manajemen

Infografis Aktivitas Alumni Manajemen IPB

Infografis Aktivitas Alumni Manajemen IPB

Pada Juli 2021, Direktorat Research and Development (RnD) Centre of Management, yang merupakan himpunan profesi Departemen Manajemen IPB, telah melaksanakan riset melalui survei kuesioner mengenai “Demografi Lulusan Departemen Manajemen IPB University”. Survei ini dilakukan kepada alumni Manajemen IPB angkatan 52 dan 53 dengan total responden sebanyak 70 dari 102 mahasiswa Manajemen IPB angkatan 52 dan 80 dari 111 mahasiswa Manajemen IPB angkatan 53.

Tujuan dilaksanakannya riset ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas yang dilakukan alumni Manajemen IPB setelah lulus dari IPB baik dalam bidang karir/bekerja, wirausaha maupun melanjutkan studi S2 di perguruan tinggi. Selain itu, riset ini juga bertujuan sebagai bahan evaluasi dan peningkatan kinerja mahasiswa Manajemen IPB agar menjadi lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia pascakampus. Survei dilakukan melalui pengelompokan pendataan aktivitas dalam tiga bidang tersebut. Dalam bidang karir, survei dilakukan melalui pendataan sektor kerja apa saja yang dipilih alumni Manajemen IPB untuk melanjutkan karirnya, apa saja faktor penentu bagi mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan, berapa lama waktu bagi alumni Manajemen IPB untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus, berapa lama masa kerja yang diperoleh dari pekerjaan yang didapatkan saat ini dan berapa gaji yang diperoleh. Dalam bidang wirausaha, survei dilakukan melalui pendataan sektor usaha apa saja yang dipilih alumni Manajemen IPB dalam menentukan usaha yang dijalani, usaha yang didirikan sudah berjalan berapa lama, berapa penghasilan bulanan yang diperoleh dari usaha tersebut. Dalam bidang melanjutkan studi S2 ke perguruan tinggi, survei dilakukan melalui pendataan program studi lanjutan apa saja yang dipilih alumni Manajemen IPB, perguruan tinggi mana yang dipilih untuk melanjutkan studi S2 dan dari mana sumber pembiayaan selama melanjutkan studi.

Berdasarkan hasil survei, aktivitas yang mendominasi alumni Manajemen IPB setelah lulus adalah bekerja mulai dari menjadi karyawan tetap, magang dan freelance yaitu sebesar 63,9%. Sektor pekerjaan yang paling banyak dipilih oleh alumni Manajemen IPB adalah sektor pada bidang Finance lalu kemudiaan diikuti sektor bidang pendidikan dan pemerintahaan. Rata-rata alumni mahasiswa Manajemen IPB memperoleh pekerjaan dalam rentang waktu 3-6 bulan setelah lulus dengan rata-rata masa kerja selama 1-6 bulan. Faktor utama yang menjadikan alumni Manajemen IPB mampu mendapatkan pekerjaan dalam rentang waktu ≤ 6 bulan adalah adanya pengalaman magang/freelance yang dilakukan selama masih berkuliah yaitu sebesar 24,6%. Selain itu aktif mencari kerja dan pandai melihat peluang juga menjadi salah satu faktor penentu. Sedangkan alumni manajemen IPB yang memperoleh pekerjaan dalam rentang waktu > 6 bulan sebesar 55,0%-nya disebabkan oleh keadaan yaitu lulus di tengah kondisi pandemi. Faktor penyebab lainnya adalah sebesar 22,0% alumni Manajemen IPB ingin melanjutkan studi S2 terlebih dahulu. Bagi alumni Manajemen IPB yang memilih untuk bekerja, rata-rata penghasilan yang diperoleh yaitu sebesar 1-1,2 kali dari UMR atau dalam rentang 4-8 juta rupiah.

Mahasiswa yang memilih untuk berwirausaha setelah lulus, sektor usaha yang paling banyak dijalani adalah pada sektor Food & Beverages yaitu sebesar 31,6% lalu diikuti oleh sektor pakaian/fashion sebesar 21,1% dan grosir sebesar 15,8%. Rata-rata lama berdirinya usaha yang sedang dijalankan oleh alumni Manajemen IPB yaitu selama < 1 tahun dengan 47,4% dari total yang berwirausaha berpenghasilan sebesar < 3 juta rupiah/bulan.

Sementara itu, sebanyak 68,8% mahasiswa yang melanjutkan studi S2 di perguruan tinggi  memilih untuk melanjutkan studinya di IPB lalu diikuti oleh ITS yaitu sebanyak 12,5% dan ITB sebanyak 6,3% dengan Ilmu Manajemen sebagai program studi yang paling banyak diminati yaitu sebesar 50,0% dan Manajemen Bisnis menjadi program studi kedua yang diminati yaitu sebesar 18,8%. Selama melanjutkan studi di perguruan tinggi yang dipilih, seluruh alumni Manajemen IPB menggunakan biaya sendiri sebagai sumber pembiayaannya.

Sehingga, berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa alumni Manajemen IPB yang lulus pada tahun pertama dan kedua setelah kelulusan banyak yang memilih untuk melanjutkan karir/bekerja dan didominasi bekerja pada sektor finance. Rata-rata rentang waktu dalam memperoleh pekerjaan yaitu selama 3-6 bulan dengan penghasilan sebesar 1-1,2 kali UMR atau dalam rentang 4-8 juta.  Faktor utama yang menyebabkan alumni Manajemen IPB mampu memperoleh pekerjaan dalam waktu 0-6 bulan adalah mengikuti magang/freelence selama masih berkuliah. Melihat hal tersebut, sebagian besar alumni manajemen IPB menyarankan kepada Departemen Manajemen IPB untuk mewajibkan magang kepada mahasiswa mengingat magang adalah indikator utama mudahnya mahasiswa dalam memperoleh pekerjaan. Harapannya dengan adanya pemantauan aktivitas alumni Manajemen IPB setelah lulus, dapat menjadi acuan bagi Mahasiswa Manajemen IPB dalam menentukan aktivitas setelah lulus nanti serta memacu semangat mahasiswa Manajemen IPB untuk terus meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi kehidupan pascakampus. Selain itu harapannya Departemen Manajemen IPB dapat mempertimbangkan kembali terkait program wajib magang bagi mahasiswanya.

Translate »