Departemen Manajemen

IPB finance club hadiri acara Capital Market Summit and Expo 2023 Bursa Efek Indonesia

IPB finance club hadiri acara Capital Market Summit and
Expo 2023 Bursa Efek Indonesia

Pada Jumat, 27 Oktober 2023, IPB Finance Club, sebuah organisasi mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB), melakukan kunjungan ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghadiri acara Capital Market Summit and Expo 2023 yang diselenggarakan oleh BEI. Acara ini melibatkan sejumlah kegiatan, seperti seminar, talkshow, expo, career center, hiburan, dan penarikan hadiah.

Tema utama dalam workshop yang dihadiri oleh anggota IPB Finance Club adalah “IPO: A Strategy to Unlock the Company Potential” (IPO: Strategi untuk Membuka Potensi Perusahaan). Dalam workshop ini, dua pembicara ternama, yaitu Michael Tjoajadi, Chief Executive Officer dari Schroder Investment Management, dan Henry Wibowo, Executive Director J.P. Morgan Indonesia, berbagi pandangan mereka tentang pentingnya Initial Public Offering (IPO) bagi perusahaan yang memiliki potensi untuk tumbuh di masa depan.

Pembicara menekankan bahwa IPO adalah salah satu cara yang efektif untuk memobilisasi modal dan menjadikan perusahaan lebih berdaya saing di pasar. Mereka juga menggarisbawahi tren konsumen saat ini yang cenderung menuju perilaku berkelanjutan. Oleh karena itu, perusahaan yang berfokus pada lingkungan dan berkomitmen pada praktik bisnis yang berkelanjutan memiliki peluang besar untuk sukses di pasar modal.

“Selain bertujuan untuk meningkatkan wawasan pasar modal kepada anak-anak, acara company visit ini juga memotivasi anggota IPB finance club untuk mendalami pasar modal indonesia yang relevan dengan mata kuliah di FEM IPB” ujar Ali Mutasowifin Pembina IPB Finance Club. Hal ini selaras dengan kegiatan-kegiatan ipb finance club yang fokus membahas dan menganalisis seputar pasar modal indonesia.

Kunjungan ini diikuti oleh 57 peserta dari IPB Finance Club, yang didampingi oleh dua pembina. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota dalam aktivitas pasar modal. Mereka berharap dapat mengimplementasikan pengetahuan investasi yang mereka peroleh ke dalam praktik nyata dan berkontribusi pada masyarakat melalui pengetahuan tersebut.

Selain itu, para peserta juga ingin lebih memahami dan menjelajahi aktivitas pasar modal di Indonesia. Melalui kunjungan ini, mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang dunia investasi dan pasar modal di Indonesia.

Kunjungan IPB Finance Club ke Bursa Efek Indonesia adalah langkah positif dalam pengembangan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang aktivitas pasar modal dan pentingnya IPO dalam mengembangkan perusahaan. Dengan ilmu dan wawasan yang mereka peroleh, diharapkan mereka dapat berperan aktif dalam perkembangan ekonomi dan keuangan Indonesia di masa depan.

Translate »