Departemen Manajemen

IPB SUKSES MENCETAK WIRAUSAHA MELALUI PROGRAM BRIGHTCUBE

IPB SUKSES MENCETAK WIRAUSAHA MELALUI PROGRAM BRIGHTCUBE

IPB University telah menjadi ‘langganan’ dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2020 lalu hingga 2021 ini. Pada tahun 2021 ini, IPB University tepatnya pada Departemen Manajemen FEM diketuai oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB yakni Ibu Lindawati Kartika, melakukan kerja sama batch 2 dengan A.M Incubator PT Teman Muda Berkarya LRT City Sentul untuk melaksanakan program business incubator A.M Incubator yang bernama Business Rally Incubator (Bright Cube). Bright Cube Batch 2 adalah program inkubasi bisnis dimana mayoritas pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara daring. Sedikit berbeda dengan Bright Cube Batch 1, Bright Cube Batch 2 ini memberi dorongan lebih pada sisi pemasarannya serta didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI). Program KMMI ini diikuti oleh 280 mahasiswa dari 50 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan jumlah pelamar 533 pelamar. Pada program KMMI ini bright cube dapat dikonversi dengan mata kuliah Manajemen proyek sebsesar 3 (tiga) SKS. Para mahasiswa mendapatkan modal bisnis, mentoring dari praktisi bisnis serta jejaring dengan dunia bisnis , hal ini dibuktikan dengan adanya kerja sama dengan berbagai brand partner, seperti PT Unilever Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, Berkah Chicken, PT Inti Megah Swara, Hody.id, dan Dropshipaja.com, selain mahasiswa boleh membuat brand sendiri. Program Bright Cube diselenggarakan dalam rentang waktu 4 bulan sejak 19 agustus dan berakhir pada 10 November 2021. Program Bright Cube juga diikuti oleh sebanyak 6 orang peserta MBKM dari IPB University dengan bisnis yang Bernama Martabakbosque10000  dan Vendor Kampus.

Pada tanggal 10 November 2021, Program Brightcube KMMI telah melaksanakan kegiatan penutupan secara hybrid yang bertempat di Royal Sentul Park, LRT City Sentul serta melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, Nisa Zahra, S.T.P., M.Si. selaku dosen pada Departemen Manajemen FEM IPB. Lalu, dilanjutkan sambutan oleh Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P., M.M. selaku Ketua Departemen Manajemen IPB University. Selanjutnya, sambutan oleh Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M. selaku koordinator Mata Kuliah KMMI Manajemen Proyek Bright Cube 2021. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Arman Masagung selaku CEO PT. Teman Muda Berkarya. Kemudian, pemberian suvenir kenang-kenangan dari IPB University yang diwakilkan oleh Bapak M. Syaefudin Andrianto, S.T.P., M.Si. kepada mitra utama KMMI Bright Cube 2021 yaitu LRT City Sentul yang diwakilkan oleh Bapak Nanang dan PT Teman Muda Berkarya (A.M. Incubator) yang diwakilkan oleh Bapak Arman Masagung.

Dari hasil program ini IPB berhasil menginkubasi sebanyak 57 bisnis serta bisnis mahasiswa tersebut menghasilkan total omzet 222.629.317 dan Profit bisnis sebesar Rp 76.238.602. Dr Eko Ruddy Cahyadi  selaku Koordinator Mata kuliah Manajemen Proyek dalam penutupan kegiatan berujar bahwa beliau sangat bangga dengan program ini dan berharap program ini dapat berkelanjutan , tidak hanya selesai di mata kuliah dan program ini, namun bisnis yang dirintis juga dapat berkelanjutan, Penayangan video aftermovie yang disaksikan oleh seluruh peserta kegiatan baik luring maupun daring merupakan kumpulan kegiatan selama program dan juga testimoni mentor dan juga peserta yang sangat positif. . Keunggulan program ini juga adanya sertifikasi kompetensi dengan skema perancangan pemasaran online oleh LSP Mitra Wirausaha Produktif Merdeka  untuk 100 peserta terbaik dan sudah terlaksana pada 28 oktober 2021 dan seluruh peserta dinyatakan tersertifikasi.

Pada sesi penghargaan peserta Bright Cube Batch 2 IPB juga mengapresiasi peserta dengan  total hadiah mencapai Rp 10 Juta. Penghargaan ini terbagi dalam beberapa kategori. Kategori tersebut yaitu Kategori ‘Cluster’, Kategori ‘The Most Active Individual Contributor’, Kategori ‘The Best CEO’, Kategori ‘The Best Content Creator’, Kategori ‘The Best Elevator Pitching’, Kategori ‘The Best E-Commerce’, Kategori ‘The Best Social Media Instagram for Business’, Kategori ‘The Best Social Media TikTok for Business’, serta Kategori ‘The Best Team’ Pada Kategori The Most Active Individual Contributor, dimenangkan oleh Fedro Agusti Constantin, Nur Ula Halimatus S, Siti Nur Faizah, Andrezki Pramudya, dan Eky Dwi Cahyani. Pada Kategori The Best CEO, dimenangkan oleh Andi Sitti Salsabila A, Sofia Yohana S, Tiara Azzahra, Rachima Fatkhawati, Dilla Ferawati, dan Syarifah Nurmariam. Pada Kategori The Best Content Creator, dimenangkan oleh Tim GLOW-5. Pada Kategori The Best Elevator Pitching, dimenangkan oleh Tim JBL-5 dan PAR-6. Pada Kategori The Best E-Commerce, dimenangkan oleh Tim DRP-2. Pada Kategori The Best Social Media Instagram for Business, dimenangkan oleh Tim SwiTa. Pada Kategori The Best Social Media TikTok for Business, dimenangkan oleh Tim SwiTa. Pada Kategori The Best Team, dimenangkan oleh Tim SwiTa sebagai juara 1, Tim PAR-6 sebagai juara 2,  Tim PON-3 sebagai juara 3 , Tim BER-7 sebagai juara harapan 1, dan Tim HOD-3 sebagai juara harapan 2. Kelima juara tersebut berdasarkan omzet terbaik.

Pada sesi penutup, Dr. Alim Setiawan S, S.T.P., M.M. selaku Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University menyampaikan kalimat penutupan yang membangun bagi hadirin kegiatan Penutupan Bright Cube.  “Dari sebelas course KMMI yang dikoordinasi oleh IPB, program BRIGHT CUBE ini menjadi salah satu yang terbaik menurut pengamatan saya karena dari pelaksanaan kegiatannya yang sesuai dengan jadwal, sesuai dengan rancangan pembelajaran, kemudian proyeknya yang dipantau terus oleh para mentor, serta banyak achivement yang diraih oleh setiap kelompok. Semoga para mahasiswa setelah ini dapat mendapatkan skill yang dibutuhkan untuk membangun usaha.” Selain itu beliau juga berharap program Bright Cube bisa terus berjalan untuk batch berikutnya. Lalu, acara ditutup oleh MC dan foto bersama.

 

Translate »