Manajemen - IPB University

LOKAKARYA PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) DEPARTEMEN MANAJEMEN 2019 – 2023

LOKAKARYA PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) DEPARTEMEN MANAJEMEN 2019 – 2023

Pada hari Rabu, tanggal 10 April 2019 bertempat di Amethyst Meeting Room1st Floor, Bogor Icon Hotel and Convention, Bogor, Departemen Manajemen menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Manajemen 2019 – 2023. Lokakarya Penyusunan Renstra Departemen Manajemen dihadiri oleh Pimpinan dan jajaran pimpinan Departemen Manajemen, Dosen Departemen Manajemen dan Panitia Lokakarya Renstra Departemen yang terdiri dari dosen dibantu oleh beberapa tenaga kependidikan departemen.

Lokakarya ini diselenggarakan setelah sebelumnya Tim Penyusunan Renstra Departemen Manajemen 2019 – 2023 menyusun draft Renstra melalui konsinyasi – konsinyasi dan pembahasan pada Rapim diperluas Departemen Manajemen. Final draft hasil kerja dari tim inilah yang dijadikan bahan Lokakarya Renstra Departemen Manajemen, dengan harapan hasilnya dapat lebih dikongkritkan lagi untuk segera menjadi Renstra Departemen Manajemen 2019 – 2023.

Ketua Departemen Manajemen (Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P., M.M.) dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk kepentingan re-akreditasi PSIM Departemen Manajemen yang telah disubmit masih menggunakan Renstra Departemen Manajemen 2014 – 2018. Lokakarya ini segera akan memfinalisasi final draft Renstra 2019 – 2023 untuk bisa dikongkritkan menjadi Renstra Departemen Manajemen 2019 – 2023.

 

 

 

 

 

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan final draft Renstra oleh Ketua Tim Renstra Departemen Manajemen 2019 – 2023 (Dr.Ir. Anggraini Sukmawati, M.M.). Pemaparan ini membahas tentang visi, misi, tujuan, sasaran Departemen Manajemen. Kemudian, dilanjutkan dengan FGD Divisi yang dipimpin oleh kepala divisi masing-masing. FGD ini membahas tentang rencana pengembangan divisi dalam 5 (lima) tahun ke depan. Hasil FGD akan dipaparkan oleh kepala divisi masing-masing kepada seluruh peserta lokakarya.

Pemaparan pertama oleh Kepala Divisi Produksi dan Operasi (Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M. yang memaparkan antara lain pengembangan SDM melalui pemetaan profil SDM, pengembangan mata kuliah, pengembangan riset dan pengembangan kerjasama. Output yang diharapkan dari pengembangan-pengembangan tersebut adalah jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, book chapter, prosiding nasional/internasional, policy brief, publikasi yang tidak diterbitkan.

Pemaparan kedua oleh Kepala Divisi Pemasaran (Dr.Ir. Mamun Sarma, M.S., M.Ec) yang memaparkan identifikasi topik penelitian apa yang akan dilakukan dan membagi topik-topik tersebut untuk masing-masing dosen, kemudian ditawarkan kepada mahasiswa. Topik tersebut adalah consumer behavior, digital marketing, political marketing, Syariah marketing, promotion and advertising digital, service marketing, food marketing, social marketing, green marketing. Output yang dihasilkan berupa proposal hibah divisi. Setiap anggota divisi diminta membuat publikasi nasional tidak terakreditasi, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, jurnal internasional bereputasi, buku ajar, pembelajaran dalam jaringan, prosiding nasional, prosiding internasional dan penelitian divisi

Pemaparan ketiga oleh Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi (Dr.Ir. Budi Purwanto, ME) yang memaparkan target publikasi dengan program riset pada perusahaan go public, financial (perbankan) dan Lembaga keuangan lainnya (asuransi) dan UKM. Selain itu dipaparkan juga tentang topik riset tentang kinerja, perilaku dan literasi melalui input data sekunder, data primer, software dan literatur. Output yang diharapkan adalah jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi, dan jurnal internasional.

Pemaparan keempat oleh Kepala Divisi SDM dan Organisasi (Dr.Ir. Anggraini Sukmawati, M.M.) memaparkan tentang pengembangan SDM, publikasi, Pendidikan dan pengajaran (updating materi pengajaran, pembuatan buku ajar) dan pengabdian (mengikuti program dosen mengabdi dari LPPM, partisipasi dalam kegiatan organisasi profesi). Output yang diharapkan adalah Jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi, jurnal internasional.

Lokakarya diakhiri dengan membacakan kesimpulan dan penutupan oleh Ketua Departemen Manajemen yaitu bahwa hasil diskusi lokakarya akan dikongkritkan kembali oleh tim renstra, dibahas lebih detail dengan analisis SWOT dan target berupa publikasi baik jurnal nasional dan internasional bukan sebatas publikasi tetapi juga capaikan untuk kenaikan jabatan hingga guru besar.

Lokakarya berjalan lancar dan tertib berakhir pada pukul 16.00 dengan panitia lokakarya terdiri dari ketua (Dr.Ir. Anggraini Sukmawati, M.M.), Sekretaris (Eka Dasra Viana, S.E., M.Acc. Ak.), pencatat (Farhah Faridah, S.E., M.M.) dan operator (Nurhadi Wijaya, S.T.P., M.M. dan Mita Febyanisa, S.Pt., M.Si).

Translate »