Departemen Manajemen

Penutupan Summemr course melalui International Essai

Penutupan Summemr course melalui penyelenggaraan International Essai Contest : IPB sukses undang 91 mahasiswa dari berbagai negara!

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University menyelenggarakan Summer Course Sustainable Agrifood Management in Indonesia (SAMI) yang dilaksanakan pada tanggal 14-24 September 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2017. Pada penyelenggaraannya tahun ini, kegiatan Summer Course Sustainable Agrifood Management in Indonesia (SAMI) mengangkat tema Response to Covid-19 for Sustainable Agriculture Transformation.

Kegiatan Summer Course Sustainable Agrifood Management in Indonesia (SAMI) juga dilengkapi dengan kegiatan Essay Contest. Kegiatan ini merupakan ajang bagi para peserta untuk menuangkan idenya dalam bentuk essay dengan tema Sustainability and Resilience in Agrifood Systems. Tema tersebut diharapkan mampu memotivasi para peserta untuk lebih memahami topik yang didiskusikan pada program Summer Course Sustainable Agrifood Management in Indonesia (SAMI) 2021 kali ini. Selain itu, para peserta juga didorong untuk merancang kesimpulan dan solusi dari permasalahan yang diangkat, terutama pada bidang Agrifood Systems.

Pada pelaksanaannya di tahun kelima, SAMI Summer Course 2021 terdiri dari 91 peserta dengan 37 peserta dari Indonesia dan 53 peserta dari luar Indonesia, seperti Filipina, India, China, Vietnam, Thailand, Malaysia, Nepal, hingga Nigeria. Pada hari pertama pelaksanaan SAMI Summer Course 2021, para peserta telah mengirimkan essay pribadi dengan tema seputar Agrifood Systems. Selanjutnya, para peserta dikelompokkan menjadi 18 kelompok yang berisikan lima mahasiswa. Kelompok tersebut kemudian didorong untuk membuat satu essay baik dengan karya baru ataupun dengan memilih dan meningkatkan kualitas satu essay yang sudah dibuat sebelumnya.

Kegiatan Essay Contest dilanjutkan dengan presentasi kelompok secara daring pada hari terakhir SAMI Summer Course 2021. Pada kesempatan itu, essay yang dipresentasikan dinilai oleh Juri eksternal yakni Assoc Prof Dr. Zuraina Dato Mansor dari University of Putra Malaysia dan Sidrotun Naim Phd  , Rindah Febriana, S.E., M.Acc., Ak, CA, Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut, MM, Sidrotun Naim, P.hD dari IPMI business School, Juri Internal dari IPB yakni Prof Dr. Ir. Musa Hubeis, M.S., Dipl.Ing., DEA, Nisa Zahra STP, M.Si dan Rindah Febriana M.Acc. Hasil Essay contest ini akan dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN yang berisi koleksi essay hasil kegiatan baik yang telah terseleksi individual maupun kelompok.

Menurut Lindawati Kartika selaku ketua kegiatan SAMI summer course serta ketua Essay contest ini, bahwa kegiatan essay contest ini merupakan rangkaian penutup dari SAMI summer course dan tahun 2021 ini pelaksanaan essay contest adalah tahun ketiga , namun untuk SAMI summer course sndiri adalah tahun kelima, dan sangat disyukuri setiap tahunnya peminat SAMI summer course dari internasional khususnya selalu mengalami peningkatan.

Pengumuman pemenang SAMI 2021 Essay Contest juga peserta terbaik dilaksanakan pada penutupan SAMI Summer Course 2021 pada tanggal 24 September 2021 pukul 04 sore. Selain mendapatkan piagam penghargaan, serta credit earning certificate , peserta juga  mendapatkan hadiah uang tunai hingga jutaan rupiah.

Pemenang terbaik SAMI Summer course jatuh kepada  Robin Ysa Sofia dari De La Salle University of philipines, Jan Carlo Mercado dari TUAF Vietnam, Nurul Safeza dari University of Malaysia Sabah dan Bagas Aditya dari President university, sedangkan untuk best oral presenter jatuh kepada Rose Marie Villanueva dari De La Salle university, Pang Jun Feng dari University Malaysia Sabah juga Jan Carlo dari TUAF Vietnam,

Essay terbaik jatuh kepada kelompok Rudi Triyono dari IPB university dan team, denagn judul “ Sustainable agriculture transformation : change Management and innovation in the agrifood sector through MSME Halal certification efforts. Posisi kedua diperoleh oleh Jan Carlo,  Adinda Yoma dari IPB University dan team dengan judul : agriyouth promotion and collaborative internship in rural farms towards a resilient, digitized and competent  ASEAN agriculture, posisi ketiga diperoleh oleh Hasna Nadiya dari IPB University juga Nurisa Yama  dari Songkhla Rajabhat University Thailand dan team dengan judul : Financial inclusion of smallholder farmers in Indonesia  serta posisi harapan 1 diperoleh oleh Newton Tham kien Hong dari University of Malaysia Sabah dan team dengan judul Unmanned aerial vehicle : a step closer to modern agriculture

Kegiatan SAMI Summer Course 2021 ini ditutup oleh Direktur Kerjasama Internasional IPB University Prof Dr Iskandar Zulkarnain dan Dekan Fakultas Ekonomi dan  Manajemen IPB Bapak Prof Nunung Nuryartono dengan pesan kepada alumni program agar terus memberikan dampak pencapaian sustainable development goals ke seluruh dunia melalui Langkah nyata dan forum-forum ilmiah dimanapun mereka berada. Kegiatan SAMI  ini juga bekerja sama dengan media partner yakni  Kompas.com, Kompas TV, Tribunnews, dan Kompasiana.

Detail acara SAMI Summer Course 2021 dapat dilihat lebih lanjut pada website sami.ipb.ac.id atau media sosial Instagram @samiipb.

Translate »