Departemen Manajemen

Serunya Lomba Pot Tumpang Sari Tanaman Hias dalam Rangka Dies FEM ke 20

Serunya Lomba Pot Tumpang Sari Tanaman Hias dalam Rangka Dies FEM ke 20

Tumpang Sari, yaitu menanam beberapa jenis tanaman dalam satu tempat tidak hanya dilakukan pada komoditas pertanian, namun dapat juga dilakukan terhadap tanaman hias. Tumpang sari tanaman hias dapat menjadi pilihan hobi yang mengasyikan, memadukan seni dan pengetahuan menanam aneka tanaman hias.

Dalam rangka Dies Fakultas Ekonomi dan Manajemen ke-20, Agrianita FEM menyelenggarakan Lomba Pot Tumpang Sari pada Hari Senin, 5 April 2021. Lomba ini diikuti 6 unit kerja di lingkungan FEM IPB, termasuk Departemen Manajemen. Tim  Agrianita Departemen Manajemen  yang terdiri atas dosen, tendik dan mahasiswa Departemen Manajemen turut berpartisipasi dalam lomba ini. Mereka terdiri dari Desi Susanti, Hanif Fataroh, Nita Amelia, Eka Dasra Viana, dan Nisa Zahra.

Peserta lomba mendapatkan banyak pengalaman berharga dalam kegiatan ini. Selain keseruan ketika menyusun aneka tanaman hias di atas pot, mereka juga dapat sharing ilmu dari sesama peserta terkait aneka tanaman hias.

Nita Amelia, mahasiswi PSIM Departemen Manajemen pun membagikan tipsnya dalam membuat pot tumpang sari tanaman hias, – mulai dari pemilihan media hingga jenis tanaman hias yang akan digunakan.

  1. Pilih media tanam yang cocok untuk semua jenis tanaman. Contoh media yang dapat digunakan adalah campuran sekam murni, sekam bakar, andam / kompos / daun bambu kering, cocopied, dan dapat ditambahkan juga sedikit perlite (pupuk organik).
  2. Sebelum menentukan jenis tanaman yang akan ditanam, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tanaman tersebut akan disimpan di tempat yang bersuhu panas, sedang atau teduh. Pilih tanaman sesuai dengan kondisi temparatur. Hal ini penting dilakukan, agar tanaman tidak mudah layu dan dapat bertahan lama.
  3. Dari segi estetika, hal ini berkaitan erat dengan selera penanam. Dibutuhkan seni dalam memilih dan memadupadankan beberapa jenis tanaman yg akan dibuat tumpang sari. Perlu diperhatikan warna, bentuk, dan tinggi tanaman yang dipilih, upayakan serasi. Disarankan untuk menanam tanaman dengan ukuran kecil atau sedang.
  4. Pada saat menanam, berikan ruang atau space pada tiap tanaman untuk memudahkan tanaman bertumbuh-kembang dan bergerak memenuhi media tanam.

Jangan lupa untuk memililih pot yang sesuai ukurannya. Bila menggunakan pot hias, pilih warna dan corak yang dapat “mendukung” keindahan aneka tanaman yang ditanam pada pot tersebut.

Nah, siapa yang tak suka melihat aneka tanaman yang dapat menyejukkan mata? Apalagi jika aneka tanaman ini turut memperindah rumah atau area kerja kita. Tak heran jika kini tanaman hias menjadi tren hobi yang menyenangkan sekaligus menjanjikan.

Kegiatan lomba Pot Tanaman Hias pun ditutup dengan sesi pemotretan dan penyerahan hadiah bagi para pemenang. Selanjutnya tananam pot tumpang sari hasil karya peserta lomba  diletakkan dan ditata di keboen orange yg dikelola oleh agrianita FEM IPB.

Translate »