Manajemen - IPB University

Webinar Series “Digital Marketing in the Time of Pandemic”

Webinar Series “Digital Marketing in the Time of Pandemic”

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) bekerja sama dengan Himpunan Profesi Centre of Management menyelenggarakan Webinar Series pada hari Senin, 4 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom. Kegiatan Webinar Series ini diikuti oleh 422 peserta.

Webinar Series kali ini mengusung topik “Digital Marketing in the Time of Pandemic”. Acara yang berlangsung selama 2 jam ini dimulai pada pukul 10.00-12.00 WIB. Kegiatan ini terdiri dari 2 Sesi yaitu penyampaian materi dan tanya jawab. Registrasi perserta dimulai pukul 09.50 WIB lalu diakhiri pada pukul 12.00 WIB.

Acara diawali dengan sambutan dari Ibu Dr. Wita Juwita Ermawati, S.TP, MM selaku Ketua Departemen Manajemen IPB.  Beliau menyatakan bahwa Digital Marketing ini menjadi topik yang menarik untuk kita bahas bersama karena selain sesuai dengan perkembangan revolusi industri 4.0 juga terlebih saat ini ada pandemik COVID-19 yang memunculkan pertanyaan bagaimana pemasaran yang tepat pada masa pandemik ini. Kemudian acara di lanjutkan oleh Bapak Dr. Mukhamad Najib S. TP, MM selaku moderator dengan memaparkan pengalaman karir dari pembicara. Lalu, dilanjutkan oleh pemaparan materi dari pembicara yaitu, Bapak Heri Ardin, MM selaku Founder Socialselling.id dan Partner & Director ADVIKA.id.

Sesi pertama yang berlangsung selama 1 jam ini membicarakan sedikit pengenalan mengenai karier Bapak Heri Ardin kemudian pembahasan tema Webinar Series yaitu Digital Marketing in the Time of Pandemic. Dalam pembahasan tema Digital Marketing in the Time of Pandemic, Bapak Heri Ardin menyampaikan bahwa di era pandemik seperti sekarang terjadi perubahan kebiasaan konsumen. Di mana konsumen sekarang lebih banyak membeli produk kesehatan dan melakukan pembelian produk melalui platform online, seperti e-commerce, website, dan media sosial. Bapak Heri Ardin juga menjelaskan bahwa Digital Marketing di era pandemik ini perlu menerapkan beberapa strategi, yang pertama yaitu re-action tentang bagaimana bring order  kepada konsumen salah satunya dengan cara free delivery. Kemudian yang kedua adalah re-assurance di mana sebuah brand menampilkan kepada konsumen bagaimana mereka selalu menjaga kebersihan sebagai bentuk dukungan dalam mencegah COVID-19, menampilkan konten kesehatan di sosial media, memikirkan kembali taget konsumen dan di mana konsumen target kita selalu berada (platform yang selalu dikunjungi). Yang ketiga adalah  re-assist yaitu kenali lebih dekat konsumen target dengan menyajikan konten-konten yang menarik bagi mereka dan data analisis sangat penting di era pandemik. Intinya adalah selalu menjaga interaksi kita dengan konsumen dan mendengarkan keluhan konsumen. Lalu, ada beberapa kunci yang perlu di perhatikan dalam Digital Marketing di era pandemik yaitu, leverage omnichannel di mana fokus pada customer service dan customers handling serta melakukan kampanye brand awareness sebagai bentuk respon terhadap kondisi saat ini.

Sesi kedua merupakan sesi tanya jawab interaktif yang dibuka sebanyak 2 termin di mana setiap sesinya terdiri dari 3 orang penanya. Para peserta sangat antusias untuk menanyakan beberapa hal kepada Bapak Heri Ardin. Salah satu peserta yang bertanya yaitu Bapak Riska yang berasal dari Thailand beliau menanyakan perihal perlukah media sosial baru untuk memasarkan produk baru. Menurut Bapak Heri Ardin lebih baik membuat sosial media baru untuk produk baru tersebut agar lebih spesifik. Sehingga hal tersebut mampu menarik pelanggan yang memang tertarik dengan produk tersebut. Hal ini juga memudahkan kita nantinya untuk saling melakukan endorse dengan kolega kita.

Webinar Series ini ditutup oleh statement terakhir dari moderator yaitu Bapak Dr. Mukhamad Najib “Era ini memaksa kita untuk mencari cara baru agar bisnis terus bertahan di era pandemik.”

Contact Person: Fitri Pujiarti

Translate »
Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping