Silabus Mata Kuliah

Silabus Mata Kuliah

DESKRIPSI MATA KULIAH

*Setiap mata kuliah memiliki kontribusi yang jelas terhadap pencapaian kompetensi lulusan yang ditargetkan (Matrix Hubungan).

Common Core Courses (CCC) & Fundamental Course (FC)

MAN1101 Manajemen 3(3-0)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang manajemen dan organisasi; fungsi manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian; serta perubahan lingkungan internal, eksternal, dan global yang mempengaruhi pengelolaan organisasi.

MAN1101 Management 3(3-0)

This course provides basic knowledge about management and organization; management functions that encompasses planning, organizing, leading and controlling; as well as changes in the internal, external and global environment that affect organizational management.

Koord: Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P, M.M

Foundational Literacies (FL) & Academic Core Courses (ACC)

MAN1202 Etika dan Komunikasi Profesional  3(3-0)

Prasyarat: –

Mata kuliah ini membahas mengenai perilaku dan sikap normatif yang seharusnya dilakukan dalam berbisnis tata cara pergaulan dalam bisnis yang dijadikan sebagai nilai dan norma (Good Corporate Governance, HAKI, CSR, SDG’s, Dampak Lingkungan, Perlindungan Konsumen dan masalah Sertifikasi Halal) serta membahas mengenai konsep komunikasi dalam pergaulan dan pekerjaan/bisnis meliputi komunikasi inter dan intra personal, teknik presentasi, teknik pemecahan masalah, negosiasi, public relation, public speaking serta multimedia dan Teknologi Informatika (TIK) dan Komunikasi sebagai fasilitas berkomunikasi secara profesional, interaktif dan kondusif.

Professional Ethics and Communication

This course discusses normative behavior and attitudes that should be carried out in doing business ordinances of association in business which are used as values and norms (Good Corporate Governance, Intellectual Property Rights, CSR, SDG’s, Environmental Impact, Consumer Protection and Halal Certification issues) and discusses the concept communication in association and work/business includes inter and intra personal communication, presentation techniques, problem solving techniques, negotiations, public relations, public speaking as well as multimedia and Information Technology (ICT) and Communication as a means of communicating in a professional, interactive and conducive manner.

Koord: Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, Dipl Ing., DEA

 

MAN1211 Akuntansi Keuangan Keberlanjutan 3(2-1)

Prasyarat: IPB113

Jika kecenderungan utama dunia saat ini benar seperti yang diprediksi oleh WEF (2019), maka pada 2030 dunia akan mengembangkan gig economy yang lebih adil dan demokratis, dan ekonomi sirkular (circular economy) akan menjadi arus utama tata ekonomi dunia. Pada saat itu, kelas menengah akan tumbuh dan ketimpangan sosial dan kewilayahan akan berkurang. Kebijakan ekonomi akan berfokus melampaui (beyond) PDB. Kapitalisme jenis baru akan berakar, dan mengentaskan kemiskinan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dunia akan memiliki model ekonomi berkelanjutan. Dengan mengantisipasi masa depan yang bergerak ke arah itu, ekonomi sirkular menjadi arus utama, mata kuliah ini bertransformasi untuk memelajari bagaimana cara memperhitungkan keberlanjutan untuk menjadi tema akuntansi dan keuangan dengan pengenalan wawasan umum dan teknik dasar keuangan dan akuntansi dalam perspektif keberlanjutan. Internalisasi konsep dilakukan mengenalkan akuntansi keuangan sebagai sistem yang berujung pada laporan keuangan dan dokumen pendukungnya, serta analisis keuangan dengan mempertimbangkan paradigma triple bottom-line. Mata kuliah secara umum menawarkan perangkat pengambilan keputusan bagi stakeholder dalam perspektif kesejahteraan, sosial, dan lingkungan.

Sustainable Financial Accounting

If the current main trend in the world is true as predicted by the WEF (2019), by 2030 the world will develop a more fair and democratic gig economy, and the circular economy will become the mainstream of the world economy. At that time, the middle class will grow, and social and regional inequality will decrease. Economic policies will focus beyond GDP. A new type of capitalism will take root, and poverty will be alleviated by leveraging information technology. The world will have a sustainable economic model. Anticipating a future moving towards that direction, the circular economy becomes the mainstream, and this course transforms to learn how to calculate sustainability to become an accounting and finance theme with the introduction of general insight and basic financial and accounting techniques in a sustainability perspective. The internalization of the concept is done by introducing financial accounting as a system that ends with financial statements and supporting documents, as well as financial analysis by considering the triple bottom-line paradigm. The course offers decision-making tools for stakeholders in the perspective of well-being, social, and environmental aspects

Koord: Dr. Ir. Budi Purwanto, ME

 

MAN1221   Manajemen Pemasaran   3(3-0)

Prasyarat: MAN1101

Mata kuliah ini diberikan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan pengetahuan mengenai identifikasi ruang lingkup, identifikasi perilaku konsumen, perencanaan strategik, strategi utama (Segmentasi, Targeting, dan Positioning) dan strategi pemeliharaan (bauran produk, harga, promosi dan distribusi) yang berkaitan dengan aspek pemasaran.

Marketing Management

This course is given to equip students with insights and knowledge about identifying the scope, identifying consumer behavior, strategic planning, main strategies (Segmentation, Targeting, and Positioning), and maintenance strategies (product mix, pricing, promotion, and distribution mix) related to marketing aspects

Koord: Dr. Ir. Jono M Munandar, M.Sc

MAN1231    Manajemen Produksi dan Operasi      3(2-1)

Prasyarat: MAN1101

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai teori, konsep serta praktek manajemen produksi dan operasi untuk menghasilkan barang dan jasa yang bernilai tambah, berdaya saing dan berkelanjutan. Pembahasannya mencakup pengenalan manajemen produksi dan operasi dalam perusahaan, perancangan dan pengembangan produk, perancangan proses produksi, penentuan lokasi, tata letak, peramalan, penjadwalan produksi, manajemen persediaan, perencanaan agregat, perencanaan kebutuhan bahan baku, penjadwalan produksi, pengukuran kerja, lean production system, dan smart manufacturing / operation.

Production and Operations Management

This course discusses various theories, concepts, and practices of production and operations management to produce value-added, competitive, and sustainable goods and services. The discussion includes an introduction to production and operations management in a company, product design and development, production process design, location determination, layout, forecasting, production scheduling, inventory management, aggregate planning, raw material requirement planning, production scheduling, work measurement, lean production system, and smart manufacturing/operation.

Koord: Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M.

 

MAN1241    Manajemen Sumber Daya Manusia     3(2-1)

Prasyarat: MAN1101

Mata kuliah ini akan memberikan pemahaman mendasar tentang topik utama dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai komponen kunci daya saing, efektivitas dan keberlanjutan dari setiap organisasi. Manajemen SDM memainkan peran penting dalam mencapai kompetensi karyawan yang diperlukan, mempengaruhi perilaku karyawan, dan memastikan kinerja organisasi yang efektif dan efisien. Diskusi akan mencakup sejumlah topik penting: menerjemahkan strategi SDM ke dalam sistem manajemen SDM dan berbagai praktik SDM dalam siklus kerja, termasuk analisis pekerjaan, rekrutmen dan seleksi, pembelajaran dan pengembangan, manajemen karier dan talenta, penilaian kinerja, kompensasi, hubungan industrial, dan sistem informasi dan administrasi SDM.

Human Resource Management

This course will provide a fundamental understanding of the main topics in Human Resource Management (HRM) as a key component of competitiveness, effectiveness, and sustainability of any organization. HRM plays a vital role in achieving the required employee competencies, influencing employee behavior, and ensuring effective and efficient organizational performance. Discussions will cover a number of important topics: translating HRM strategies into HRM management systems and various HRM practices within the work cycle, including job analysis, recruitment and selection, learning and development, career and talent management, performance appraisal, compensation, industrial relations, and HRM information and administration system

Koord: Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, MM

 

MAN1232      Metode Kuantitatif untuk Manajemen 3(2-1)

Prasyarat: MAT102

Mata kuliah ini membahas metode kuantitatif bagi pengambilan keputusan dan pemecahan masalah- masalah manajemen yang mencakup pengertian dan ruang lingkup metode kuantitatif dalam manajemen (Manajemen Sains); statistik deskriptif untuk manajemen, pemrograman linier, analisis sensitivitas, pemodelan transportasi, penugasan, model antrian, pemrograman non linier, pemodelan jaringan, statistik inferensia (analisis multivariate), game theory, analisis markov, dan metode prediksi simulasi.

Quantitative Methods for Management

This course discusses quantitative methods for decision-making and problem-solving in management, including an understanding of the scope of quantitative methods in management (Management Science); descriptive statistics for management, linear programming, sensitivity analysis, transportation modeling, assignment modeling, queuing models, nonlinear programming, network modeling, inferential statistics (multivariate analysis), game theory, Markov analysis, and predictive simulation methods

Koord: Dr. Heti Mulyati, STP, MT

 

MAN1212   Keuangan Digital dan Kuantitatif 2(2-0)

Prasyarat: MAT102, STA111, KOM100

Merupakan penggunaan matematika dan berpikir logis, statistika dan data analitik, serta komputasi, pemrograman dan simulasi untuk pengambilan keputusan manajerial yang berdampak pada nilai keuangan. Analisis dan evaluasi keputusan manajerial dan keuangan secara deskriptif dan intuitif menggunakan metoda berhitung sederhana dianggap tidak cukup untuk konteks mahadata (big data) dan berfrekuensi tinggi. Pengambilan keputusan secara analitik membutuhkan matematika, logika, statistika, ilmu data, serta komputasi dan kalkulus. Sebaliknya, berbagai literasi numerik, statistik dan digital juga perlu dikembangkan dalam konteks pengambilan keputusan manajerial yang kompleks termasuk dalam perspektif keuangan. Keterampilan keuangan digital dan kuantitatif dibutuhkan sebagai dasar bagi pengembangan kompetensi manajerial pada umumnya, khususnya untuk pemodelan dalam investasi, keuangan dan pembentukan usaha (enterprise startup).

Pokok-pokok bahasannya mencakup: 1) valuasi kuantitatif, 2) ekonometrika keuangan, serta 3) pemodelan, pemrograman dan simulasi keuangan. Pembelajaran dilakukan dalam bauran a) belajar secara aktif (active learning), b) pembelajaran daring terbuka (open online course), dan c) pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Perkuliahan tatap muka virtual dimanfaatkan bukan untuk penyampaian materi (knowledge acquisition) melainkan mendiskusikan proses dan hasil belajar mandiri dan berkelompok untuk mengakuisisi capaian pembelajaran. Evaluasi formatif dan sumatif dilaksanakan dalam bentuk ujian berbasis komputer.

Digital and Quantitative Finance

This is the use of mathematics and logical thinking, statistics and data analytics, as well as computation, programming, and simulation for managerial decision-making that impacts financial value. Analyzing and evaluating managerial and financial decisions descriptively and intuitively using simple arithmetic calculations is considered inadequate for the context of big and high-frequency data. Analytical decision-making requires mathematics, logic, statistics, data science, as well as computation and calculus. Conversely, various numeracy, statistical, and digital literacy also need to be developed in the context of complex managerial decision-making, including from a financial perspective. Digital and quantitative financial skills are needed as a basis for developing managerial competencies in general, especially for modeling in investment, finance, and enterprise startup formation.

The main topics covered include: 1) quantitative valuation, 2) financial econometrics, and 3) financial modeling, programming, and simulation. Learning is done through a) active learning, b) open online course learning, and c) project-based learning. Face-to-face virtual lectures are not used for delivering material (knowledge acquisition) but for discussing the process and results of individual and group learning to acquire learning outcomes. Formative and summative evaluations are carried out in the form of computer-based exams.

Koord: Dr. Ir. Budi Purwanto, ME

 

MAN1213    Manajemen Keuangan Korporasi        2(2-0)

Prasyarat: MAN1101, MAN1211, MAT103

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep dasar dalam manajemen keuangan korporasi yang meliputi perencanaan keuangan, pengelolaan aset keuangan, penganggaran modal, struktur modal dan leverage, kebijakan dividen, pengelolaan modal kerja, serta tata kelola dan pengendalian perusahaan. Dengan demikian mahasiswa dapat menguasai dan mengimplementasikan konsep-konsep untuk pengambilan keputusan keuangan yang tepat, baik dalam keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan keputusan modal kerja dalam suatu perusahaan/korporasi.

Corporate Financial Management

This course provides an understanding of the fundamental concepts in corporate finance that encompasses financial planning, financial asset management, capital budgeting, capital structure and leverage, dividend policy, working capital management, as well as corporate governance and control. Thus, students can master and implement these concepts for making appropriate financial decisions, both in investment decisions, financing decisions, and working capital decisions in a company/corporation.

Koord: Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P, M.M

 

MAN1214    Akuntansi Manajemen    2(2-0)

Prasyarat: MAN1211

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar akuntansi manajemen, baik yang bersifat tradisional seperti akumulasi biaya dan pembebanan produk, perencanaan dan pengendalian manajemen, serta pengambilan keputusan manajerial, maupun yang berperspektif kontemporer seperti akuntansi manajemen lingkungan. Selain membahas hal-hal yang sifatnya konseptual, matakuliah ini juga mendiskusikan penerapan konsep-konsep penting akuntansi manajemen dalam dunia praktik.

Management Accounting

This course covers the basic concepts of management accounting, both traditional concepts such as cost accumulation and product costing, management planning and control, and managerial decision-making, as well as contemporary perspectives such as environmental management accounting. In addition to discussing conceptual issues, this course also discuss the application of important management accounting concepts in the real world.

Koord: Ali Mutasowifin, SE, M.Ak

 

MAN1222      Pemasaran Jasa         3(3-0)

Prasyarat: MAN1221

Mata kuliah ini dapat memberikan pengetahuan tentang karakteristik dan klasifikasi bisnis (sektor) jasa, perkembangan konsep pemasaran jasa, serta model pengelolaan pemasaran yang baik, disamping piranti (tools) yang sering digunakan untuk merencanakan, mendesain, mengorganisasikan aktivitas pemasaran jasa, audit dan evaluasi kegiatan secara cepat.

Service Marketing

This course can provide knowledge about the characteristics and classification of service businesses (sectors), the development of service marketing concepts, as well as good marketing management models, in addition to tools that are often used to plan, design, organize service marketing activities, and quickly audit and evaluate activities.

Koord: Hardiana Widyastuti, S.Hut, MM

 

MAN1233   Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan 3(2-1)

Prasyarat: MAT102

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai teori, konsep, dan praktek mengenai proses berfikir secara sistematis dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, analisis situasi, analisis persoalan, analisis keputusan, dan analisis persoalan potensil pada berbagai kondisi yang mengandung risiko tertentu. Berbagai metode yang dipelajari diantaranya, meliputi pengambilan keputusan dengan diagram keputusan, Mutticriteria Decision Making (MCDM), Group Decision Making (GDM), Analytical Hirarchy Process (AHP, dan Analytical Network Process serta Interpretative Structutal Modelling (ISM)..

Problem Solving and Decision Making

This course discusses various theories, concepts, and practices regarding the systematic thinking process in problem solving and decision making, situation analysis, problem analysis, decision analysis, and analysis of potential problems in various conditions that contain certain risks. The various methods studied include decision making with decision diagrams, Multi Criteria Decision Making (MCDM), Group Decision Making (GDM), Analytical Hierarchy Process (AHP), and Analytical Network Process as well as decision making with decision diagrams and also Interpretative Structural Modeling (ISM).

Koord: Ir. Pramono Djoko Fewidarto, MS

MAN1234 Manajemen Mutu 3(2-1)

Prasyarat: MAN1231

Mata kuliah ini secara garis besar membahas konsep manajemen mutu, visi misi dan strategi mutu, total quality management, continuous quality improvement, gugus kendali mutu, analisis dan proses implementasi, Six Sigma, ISO 9000, ISO 14000, ISO 22000, OHSAS, teknik pengendalian mutu (seven tools),  Peran Inovasi dalam manajemen mutu dan praktik penerapan mutu di industri manufaktur dan jasa.

Quality Management

This course generally covers the concept of quality management, vision, mission, and quality strategy, total quality management, continuous quality improvement, quality control circles, analysis and implementation processes, Six Sigma, ISO 9000, ISO 14000, ISO 22000, OHSAS, quality control techniques (seven tools), the role of innovation in quality management, and the practice of quality application in manufacturing and service industries.

Koord: Dr. Alim Setiawan S, S.TP, M.Si

 

MAN1242    Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan        3(3-0)

Prasyarat: MAN1241

Materi kuliah ini memberikan pemahaman keilmuan akademis dan praktis terkait perilaku organisasi dan isu-isu pengelolaan organisasi yang efektif dan memberikan gambaran mengenai perilaku manusia dalam organisasi, baik sebagai individu, sebagai kelompok atau dalam kesatuan yang lebih besar. Mata kuliah ini terbagi menjadi dua topik utama, yaitu: perilaku individu dan kelompok dalam organisasi, serta isu-isu terkait pengelolaan organisasi. Pertama, dalam konteks perilaku individu dan tim dalam organisasi, mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai macam perilaku manusia dalam organisasi, serta cara mengelolanya melalui pembahasan tentang prinsip-prinsip perilaku merencanakan dan mengendalikan sumber daya manusia dengan mempelajari dan memahami individu dalam kelompok, kelompok dalam organisasi dan sistem organisasi itu sendiri; Kedua, isu-isu terkait  pengelolaan organisasi, seperti: keterkaitan perilaku organisasi, desain dan pengelolaan budaya organisasi, pengelolaan perubahan dalam organisasi.

Organizational Behavior and Leadership

This course material provides an academic and practical understanding of organizational behavior and effective organizational management issues, as well as an overview of human behavior in organizations, both as individuals, as groups, or as part of a larger unit. The course is divided into two main topics: individual and group behavior in organizations, and issues related to organizational management. Firstly, in the context of individual and team behavior in organizations, this course provides students with an understanding of various human behaviors in organizations, as well as how to manage them through discussions on the principles of behavior planning and controlling human resources by learning and understanding individuals in groups, groups in organizations, and the organization system itself; Secondly, issues related to organizational management, such as: the relationship of organizational behavior, design and management of organizational culture, management of change in organizations.

Koord: Dra. Siti Rahmawati, M.Pd

 

In-depth Prodi Courses (IPC)

MAN1316    Manajemen Investasi      2(2-0)

Prasyarat: MAN1213

Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami lebih dalam teori investasi serta manajemen portofolio, yang dapat diimplementasikan dalam pengelolaan perusahaan skala kecil, menengah, maupun korporasi.. Landasan teori yang diperkenalkan mencakup teori-teori yang terkait dengan pasar keuangan, investasi pada efek bersifat ekuitas, efek berpendapatan tetap, maupun derivatif, serta manajemen portofolio. Mahasiswa diharapkan dapat pula memperdalam pemahamannya melalui praktik atau simulasi investasi di laboratorium investasi.

Investement Management

This course leads students to understand more deeply about investment theory as well as portfolio management, which can be implemented in management of small, medium-sized companies, and corporations. The theoretical foundations introduced include theories related to financial markets, investments in equity securities, fixed income securities, and derivatives, as well as portfolio management. Students are expected to also deepen its understanding through the practice or simulation of investing in investment laboratory.

Koord: Ali Mutasowifin, SE, M.Ak

MAN1317    Manajemen Keuangan Mikro dan Kelembagaan Keuangan        2(2-0)

Prasyarat: MAN1213

Membahas penerapan konsep, model dan prinsip-prinsip keuangan untuk perencanaan, pengorganisasian, dan pengembangan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM). Mata kuliah ini akan mensinergikan antara pengelolaan usaha mikro dan kecil dari sisi pelaku dan usahanya dengan lembaga keuangan sebagai lembaga intermediasi untuk mendukung pengembangan UMKM baik skala nasional maupun internasional. Materi yang dicakup meliputi keuangan personal dan perencanaan keuangan rumah tangga, literasi dan inklusi keuangan, aplikasi teknologi keuangan, pendanaan dan sekuritas digital, serta pengembangan UMKM naik kelas melalui pertumbuhan internal dan leverage pendanaan eksternal.

Microfinance Management and Financial Institutions

Discusses the application of financial concepts, models and principles for planning, organizing and developing cooperatives, micro, small and medium enterprises (MSMEs). This course will synergize the management of micro and small businesses from the actor’s side and the struggle with financial institutions as intermediary institutions to support the development of MSMEs both on a national and international scale. The course material discussed includes personal finance and household financial planning, financial literacy and inclusion, application of financial technology, financing and digital securities, as well as developing MSMEs to upgrade through internal growth and external financing leverage

Koord: Dr. Ir. Budi Purwanto, ME

MAN1323    Pemasaran Ritel    2(2-0)

Prasyarat: MAN1221

Mata kuliah mempelajari mengenai ritel merupakan suatu industri yang bersifat global dan memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi, masyarakat dan lingkungan di seluruh dunia. Pemasaran ritel adalah komponen integral dari industri ritel yang memengaruhi setiap bagian bisnis. Dalam upaya mencapai kesuksesan manajemen ritel maka harus dilakukan melalui konteks pendekatan pemasaran.

Retail Marketing

This course studies retail as a global industry and have a significant impact on the economy, society and the environment around the world. Retail marketing is an integral component of the retail industry affecting every part of the business. In an effort to achieve success in retail management, it must be carried out through the context of a marketing approach

Koord: Dr. Ir. Mimin Aminah, MM

MAN1324   Pemasaran Internasional 2(2-0)

Prasyarat: MAN1221

Pemasaran Internasional merupakan aplikasi prinsip manajemen pemasaran di pasar internasional yang mempunyai lingkungan, lembaga, politik, dan ekonomi yang berbeda. Perbedaan dalam lingkungan ini memerlukan adanya penyesuaian dalam penggunaan teknologi/pemasaran. Matakuliah ini juga membahas strategi pemasaran internasional dan strategi memasuki pasar global, serta tahap-tahap strategi pemasaran eksport dari berbagai industri baru.

International Marketing

International Marketing is the application of marketing management principles in international markets that have different environments, institutions, politics, and economies. Differences in these environments require adjustments in the use of technology/marketing. This course also discusses international marketing strategies and strategies for entering global markets, as well as the stages of export marketing strategies for various new industries

Koord: Prof. Dr. Ir. Ma’mun, MS, M.Ec

MAN1335      Manajemen Rantai Pasokan 3(3-0)

Prasyarat: MAN1231

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai teori konsep dan praktek manajemen rantai pasokan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan dan rantai pasokan secara keseluruhan. Pembahasannya mencakup pengenalan manajemen rantai pasokan; strategi dan kebijakan rantai pasokan, fungsi-fungsi operasional rantai pasokan yang menyangkut perencanaan, manajemen pengadaan dan persediaan, dan manajemen transportasi dan distribusi; penggunaan sistem informasi, global supply chain dan koordinasi rantai pasok.

Supply Chain Management

This course covers various theories, concepts, and practices of supply chain management to improve the long-term performance of companies and the entire supply chain. The discussion includes an introduction to supply chain management, supply chain strategy and policy, operational functions of the supply chain involving planning, procurement and inventory management, and transportation and distribution management, the use of information systems, global supply chain, and supply chain coordination.

Koord: Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut., M.M

MAN1345  Manajemen Kinerja       3(3-0)

Prasyarat: MAN1241

Mata kuliah bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep, prinsip-prinsip dan teori manajemen kinerja serta contoh aplikasinya pada organisasi. Manajemen kinerja diadakan untuk memahami upaya peningkatan kinerja organisasi melalui aspek-aspek sumber daya manusia yang mencakup pemahaman konsep sistem kerja, pengukuran, proses, dan evaluasi kinerja; dengan fokus utama adalah peningkatan produktivitas dan analisis kinerja individu yang berdampak pada visi, misi, dan tujuan organisasi strategis. Peningkatan kinerja organisasi merupakan tuntutan baik eksternal maupun internal, guna mempertahankan organisasi, meningkatkan daya saing da mencapai tujuan organisasi melalui optimalisasi sumber daya manusia. Segala aspek yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja organisasi akan menjadi fokus utama pada semua aktivitas organisasi utamanya mencakup komitmen terhadap perbaikan kinerja, perencanaan aktivitas dan proses serta evaluasi berdasar sistem prinsip kinerja organisasi yang telah disosialisasikan.

Performance Management

This course aims to provide an understanding of the concepts, principles, and theories of performance management and their application in organizations. Performance management is conducted to understand the efforts to improve organizational performance through human resource aspects, including understanding the concept of work systems, performance measurement, processes, and evaluation; with the main focus on increasing productivity and analyzing individual performance that impacts the strategic vision, mission, and objectives of the organization. Improving organizational performance is a requirement both externally and internally to maintain the organization, increase competitiveness and achieve organizational goals through optimizing human resources. All aspects related to efforts to improve organizational performance will be the main focus of all organizational activities, mainly including a commitment to performance improvement, activity planning and processes, and evaluation based on the principles of the organization’s performance system that has been socialized.

Koord: Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, MM

MAN1326  E-Commerce dan Pemasaran Digital  3(2-1)

Prasyarat: MAN1221

Mata kuliah ini diberikan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan pengetahuan dan penerapan konsep dan evaluasi pemasaran digital untuk kepentingan organisasi profit maupun non profit. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mendapatkan expose terkait strategi digital marketing yang optimal untuk organisasi.

E-Commerce and Digital Marketing

This course is provided to equip students with insights and knowledge on the application and evaluation of digital marketing concepts for the benefit of profit and non-profit organizations. In this course, students will be exposed to optimal digital marketing strategies for organizations.

Koord: Stevia Septiani, S.E., M.Si

MAN1346   Manajemen Kompensasi 3(2-1)

Prasyarat: MAN1241

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendasar tentang Manajemen Kompensasi termasuk penjelasan jenis-jenis kompensasi dan sistem perhitungan kompensasi. Sistem perhitungan kompensasi ini mencakup perhitungan upah/gaji, sistem merit, lembur, PHK, pension dll yang pada umumnya diterapkan oleh perusahaan. Mata kuliah ini dirancang untuk memungkinkan mahasiswa memahami sepenuhnya bagaimana system manajemen kompensasi bekerja secara umum di berbagai perusahaan.

Compensation Management

This course provides a fundamental understanding of Compensation Management, including an explanation of the types of compensation and compensation calculation systems. The compensation calculation system includes the calculation of wages/salaries, merit systems, overtime, layoffs, pensions, and so on, which are generally applied by companies. This course is designed to enable students to fully understand how compensation management systems work in general in various companies

Koord: Lindawati Kartika, SE, M.Si

MAN1303   Manajemen Peluang dan Risiko 2(2-0)

Prasyarat: MAN1213, MAN1242

Membahas definisi, konsep (prinsip-prinsip, kerangka kerja, dan proses-proses) manajemen risiko, baik sisi bawah (ancaman) maupun sisi atas (peluang) serta terapannya dalam perusahaan (enterprise), serta bidang- bidang fungsional (pasar, keuangan dan operasional). Penerapan proses-proses manajemen risiko lebih mendalam mencakup pembatasan konteks, penilaian dan mitigasi. Penilaian risiko mencakup identifikasi, analisis dan evaluasi, dilakukan menggunakan perangkat analisis yang dapat diuji keabsahan dan keandalannya.

Opportunity and Risk Management

This course studies definitions, concepts (principles, frameworks and processes) of risk management, both the downside (threats) and the upside (opportunities) and their application in companies (enterprise), as well as functional areas (markets, finance and operational). Application of more in-depth risk management processes including context delimitation, assessment and mitigation. Risk assessment includes identification, analysis and evaluation, carried out using analytical tools that can be tested for validity and reliability

Koord: Rindang Matoati, S.E., M.Sc

MAN1304    Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah       3(2-1)

Prasyarat: MAN1213, MAN1221, MAN1231, MAN1241, STA211

Mata kuliah ini mempelajari teori dan praktek metode penelitian di bidang manajemen disertai dengan penulisan ilmiah. Mata kuliah mencakup etika penelitian, proses penelitian, penelusuran pustaka, rancangan penelitian dan pengukuran,rancangan sampling, jenis dan teknik pengumpulan data, instrumen survey, persiapan pengolahan data, pengujian hipotesis, pengukuran hubungan, pengenalan analisis multi variabel, penulisan dan presentasi ilmiah.

Research Methods and Scientific Writing

This course studies the theory and practice of research methods in management as well as scientific writing. The course covers research ethics, research process, literature search, research design and measurement, sampling design, types and techniques of data collection, survey instruments, data processing preparation, hypothesis testing, relationship measurement, introduction to multi-variable analysis, scientific writing and presentations

Koord: Dr. Heti Mulyati, S.TP, MT

MAN1305      Manajemen Proyek   3(3-0)

Prasyarat: –

Mata kuliah ini membahas filosofi, konsep, dan penerapan manajemen proyek yang meliputi siklus pengembangan, struktur organisasi, perencanaan, teknik penjadwalan, pelaksanaan proyek, evaluasi proyek serta menguraikan kendala beserta penilaian keberhasilan pembangunan proyek.

Project Management

This course discusses the philosophy, concepts, and application of project management which includes the development cycle, organizational structure, planning, scheduling techniques, project implementation, project evaluation and outlines constraints and assesses the success of project development

Koord: Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S.Hut, MM

MAN1306  Manajemen Strategik   3(3-0)

Prasyarat: MAN1213, MAN1221, MAN1231, MAN1241

Mata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen strategik melalui langkah analisis lingkungan internal dan eksternal, penyusunan visi, misi dan tujuan, pemilihan strategi generic, strategi corporate, strategi fungsional, staffing dan penyusunan desain organisasi serta pengukuran kinerja bisnis perusahaan. Mata kuliah ini memberikan pengajaran pada aspek analitis dan memahami bagaimana langkah-langkah dalam penyusunan strategi perusahaan dan implementasinya yang menyeluruh.

Strategic Management

This course discusses the basic concepts of strategic management through internal and external environmental analysis steps, preparation of vision, mission and goals, selection of generic strategies, corporate strategies, functional strategies, staffing and preparation of organizational designs and measurement of company business performance. This course provides teaching on the analytical aspect and understands how the steps are in the preparation of corporate strategy and its overall implementation

Koord: Lindawati Kartika, S.E., M.Si

Final Year Project, Capstones, KKNT

MAN1407 Sociotechnopreneur Start Up 10(0-10)

Merupakan kulminasi pencapaian pembelajaran mahasiswa dari tahun pertama hingga tahun ke tiga melalui pengalaman melaksanakan kegiatan berwirausaha secara berkelompok/ tim dibawah supervisi dosen pembimbing. Socio-technopreneur start up adalah wujud dari wirausaha yang bukan berfokus pada penciptaan profit, namun mempertimbangkan aspek sosial dan penerapan teknologi yang lebih baik sehingga menghasilkan produk yang lebih berkualitas dengan biaya yang lebih efisien.

Sociotechnopreneur Start Up

This is the culmination of students’ learning achievements from their first to third year through the experience of carrying out group entrepreneurship activities under the supervision of a mentor lecturer. Socio-technopreneur start-up is a manifestation of entrepreneurship that is not focused on creating profit, but considers social aspects and the application of better technology, resulting in products that are of higher quality and more cost-efficient.

Koord: Prof. Dr. Ma’mun, MS, M.Ec

MAN1408 Pengembangan Talenta dan Kepemimpinan 10(0-10)

Merupakan kulminasi hasil pembelajaran dari semester 1 hingga semester berjalan, berupa pembelajaran langsung di tempat kerja (experiental learning) yang memberikan pengalaman mengerjakan project sesuai dengan kehidupan nyata di dunia kerja yang secara spesifik menargetkan kompetensi yang ingin mahasiswa kembangkan. Bentuk kegiatan dapat berupa keikutsertaan dalam program magang BUMN bersertifikat, program magang yang ditawarkan perusahaan/asosiasi, ataupun program magang yang dirancang IPB dan Mitra

Talent Development and Leadership

This is the culmination of learning outcomes from the first semester to the current semester, in the form of direct workplace learning (experiential learning) that provides experience in working on projects that are relevant to real-life work situations, specifically targeting the competencies that students want to develop. The activities may take the form of participation in certified state-owned enterprise internship programs, company/association offered internship programs, or internships designed by IPB and partners.

Koord: Dr. Ir. Anggraini Sukmawati, MM

 

MAN1409 Pengalaman Riset dan Karya Tulis Ilmiah 10(0-10)

Capstone ini merupakan kulminasi pencapaian pembelajaran mahasiswa dari tahun pertama hingga tahun ke tiga melalui pengalaman melaksanakan riset dan karya tulis ilmiah. Riset yang dilaksanakan merupakan riset terapan yang berorientasi pemecahan masalah (problem solving) secara praktis di bidang manajemen. Kegiatan dilakukan secara berkelompok/ tim dibawah supervisi dosen pembimbing.

Research Experience and Scientific Writing

This capstone is the culmination of students’ learning achievements from their first to third year through the experience of conducting research and scientific writing. The research conducted is applied research oriented towards practical problem-solving in the field of management. The activity is carried out in groups/teams under the supervision of a mentor lecturer.

Koord: Dr. Eko Ruddy Cahyadi, Shut, MM

MAN140A Pengembangan Portofolio 10(0-10)

Merupakan program pembelajaran kulminasi bagi mahasiswa senior (tahun ke-4) yang dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran aktif, kolaboratif, berkelompok dan berbasis proyek. Mahasiswa secara mandiri proaktif memelajari manajemen investasi dan kompetensi prasyarat lainnya berpanduan pada Course (IPB University Learning Management System), secara kolaboratif menggagas, merancang dan merencanakan proyek penghimpunan, penanaman, dan pengembangan aset investasi, serta magang dalam Capstone Project di Galeri Investasi FEM IPB (GI).

Portfolio Development

This is a culminating learning program for senior students (fourth year) carried out with an active, collaborative, group-based, and project-based learning approach. Students independently and proactively study investment management and other prerequisite competencies guided by the course (IPB University Learning Management System), collaboratively conceive, design, and plan investment asset acquisition, planting, and development projects, as well as undertake an internship in the Capstone Project at the Investment Gallery of the Faculty of Economics and Management, IPB University

Koord: Dr. Ir. Budi Purwanto, M.E

MAN140B Manajemen Berkelanjutan

Mata kuliah ini berupa proyek yang dilakukan oleh mahasiswa/kelompok mahasiswa yang memiliki kepedulian dan ketertarikan terhadap hal-hal yang terkait dengan aspek sustainable atau berkelanjutan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman untuk menerapkan kompetensi manajemen pada kegiatan atau program dengan pendekatan yang memperhatikan aspek sustainability. Penekanan pada capstone ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman melaksanakan kegiatan/program yang berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. Secara lebih khusus, kegiatan/program yang dilakukan diharapkan dapat memiliki dampak terhadap lingkungan hidup (nature), ekonomi (economy), masyarakat (society), dan kesejahteraan (wellbeing). Capstone ini dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Sustainable Management

This course is a project that is carried out by students/group of students who have concern and interest in aspects related to sustainability. Students will gain experience in applying management competencies to activities or programs with an approach that considers sustainability aspects. The emphasis of this capstone is that students gain experience in carrying out activities/programs that contribute to sustainable development. Specifically, the activities/programs carried out are expected to have an impact on the environment (nature), economy (economy), society (society), and well-being (wellbeing). This capstone can support the achievement of the Sustainable Development Goals (SDGs)

Koord: Dr. Wita Juwita Ermawati, S.TP., MM

 

MAN140C Seminar 1(0-1)

Mahasiswa menyampaikan presentasi mengenai rancangan penelitian atau hasil penelitian secara terbuka sebagai syarat menyelesaikan studi.

Seminar

Students present research proposals or research results openly as a requirement for completing their studies.

Tim Pengajar Departemen Manajemen

MAN140D Skripsi 6(0-6)

Laporan tertulis Tugas Akhir berupa karya ilmiah untuk meningkatkan kemampuan analisis berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah.

(Undergraduate) Thesis

The written report of the Final Project is a scientific work designed to enhance the ability to analyze based on scientific principles.

Translate »